Simpan Sumber Serat Secara Tepat | Breaktime
Simpan Sumber Serat Secara Tepat dengan 3 Langkah Dasar Berikut
28.11.2015

Buah dan sayur merupakan bahan yang sangat penting untuk dikonsumsi setiap hari. Kandungan serat di dalam buah dan sayuran sangat bagus untuk memperlancar pencernaan tubuh.

Namun, ada satu masalah yang sering dihadapi ketika ingin menimbun ataupun membeli buah dan sayuran dalam jumlah yang banyak yaitu gampang sekali layu dan tidak segar lagi. Lalu bagaimana cara untuk membuat sayur ataupun buah tetap segar? Berikut tips dasar untuk membuat buah dan sayur tetap segar:

Jangan mencuci ketika mau disimpan

Simpan Sumber Serat Secara Tepat | Breaktime
Sebaiknya jangan dicuci dulu saat penyimpanan bisa mengundang bakteri

Jika akan disimpan, janganlah mencuci buah atau sayuran terlebih dahulu. mungkin Anda berpikiran hal ini sangat praktis dan tidak perlu lagi melakukan proses pencucian saat diolah atau dikonsumsi nanti.

Padahal tidak seperti itu kenyataanya, buah-buahan ataupun sayuran yang dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan akan membuatnya lembab dan hal tersebut membuat petumbuhan bakteri semakin pesat. Sebaiknya, cucilah buah dan sayuran Anda sebelum diolah atau dikonsumsi agar aman.

Berikan udara segar

Simpan Sumber Serat Secara Tepat | Breaktime
Berikan lubang-lubang udara pada buah dan sayuran agar tidak cepat membusuk

Mungkin Anda sering bertanya kenapa di pusat perbelanjaan sayuran ataupun buah-buahan yang dikemas di dalam plastik diberi lubang-lubang kecil. Jawabannya adalah untuk memberikan udara segar agar bahan yang Anda simpan tidak cepat membusuk.

 Langkah yang paling utama uantuk membuat sayuran dan buah-buahan yang Anda simpan tidak cepat membusuk adalah jangan diletakkan di tempat yang tertutup dan kedap udara. Apalagi untuk sayuran dari jenis bawang merah ataupun putih, letakkan di ruangan yang terbuka dan tidak perlu untuk mengupasnya terlebih dahulu jika tidak segera digunakan.

Jangan mencampur buah dan sayur

Simpan Sumber Serat Secara Tepat | Breaktime
Usahakan meletakkan buah dan sayuran pada tempat yang berbeda

Karena space kulkas kecil Anda mencampurkan buah dan sayuran dalam satu tempat. Sebaiknya hindari hal tersebut karena bisa menyebabkan sayuran cepat layu dan buah cepat busuk.

Setiap buah memiliki gas pematangan yang berbeda maka dari itu usahakan untuk memisahkannya sesuai dengan jenisnya. Selain itu, pisahkan bahan yang sudah layu ataupun terlalu matang karena bisa menular ke bahan yang lainnya dan membuat kualiatsnya menjadi buruk.

Lakukan ketiga hal dasar di atas agar sayuran dan buah-buahan yang Anda simpan tetap segar dan memiliki kualitas yang bagus. (ya)

Share This Article