Simpan Keju dengan Cara yang Benar, Yuk! | Breaktime
Simpan Keju dengan Cara yang Benar, Yuk!
02.12.2015

Untuk menyimpan keju, seringkali kita menggunakan plastic pembungkus biasa kemudian memasukkannya ke dalam kulkas. Namun, benarkah cara menyimpan keju dengan metode ini?

Agar kualitas keju tetap terjaga, kita harus memperhatikan jenis keju sebelum berangkat untuk menyimpannya. Lama waktu untuk menyimpan pun sebenarnya tergantung pada jenisnya. Umumnya, semakin keras keju, umurnya pun akan semakin lama.

Keju keras dan tua

Keju Parmigiano Reggiano dan keju Gouda termasuk dalam keju jenis ini. Untuk menyimpannya, bungkus keju dengan kertas roti atau kertas minyak. Selanjutnya, lapisi dengan kantung plastik dan tutup rapat. Menyimpan dengan cara ini akan menjaga kualitas keju Anda.

Simpan Keju dengan Cara yang Benar, Yuk! | Breaktime
Gunakan kertas roti atau kertas minyak untuk menyimpan keju

Keju biru

Keju Gorgonzola dan Roquefort termasuk dalam jenis keju biru. Untuk menyimpannya sangatlah mudah, Anda hanya perlu membungkusnya menggunakan plastik dan ditutup rapat.

Keju lembut dan semi lembut

Keju yang bersifat lembut atau semi lembut seperti Camembert, Brie, dan Limburger harus benar-benar diperhatikan penyimpanannya. Anda bisa menggunakan kotak makan atau wadah plastik dengan penutup yang rapat untuk menyimpan keju jenis ini. Sebelum dimasukkan kedalam wadah plastik, Anda tak perlu melapisinya dengan kertas roti terlebih dahulu. Namun, pastikan wadah dalam keadaan bersih dan kering.

Simpan Keju dengan Cara yang Benar, Yuk! | Breaktime
Pastikan untuk mengganti air dalam menyimpan mozzarella

Keju segar dalam air

Berbeda dengan jenis-jenis keju lainya, keju seperti Mozzarella dan Feta harus diperlakukan secara khusus. Anda tak perlu mengganti kemasan aslinya. Biarkan keju tetap terbungkus di kemasan, kemudian gantilah air tiap beberapa hari agar kualitas keju tetap baik.

Selain memperhatikan wadah penyimpanan, usahakan untuk menempatkan keju pada posisi yang benar di dalam kulkas. Tempat penyimpanan terbaik untuk keju adalah dibagian rak sayuran, karena suhu pada bagian ini lebih stabil. Selain itu, perhatikan juga bungkus atau wadah penyimpanannya bersih agar keju tidak mudah busuk karena bakteri atau kuman yang bersarang.

Meskipun tidak mudah dan harus benar-benar diperhatikan, namun menyimpan keju dengan baik akan menjaga kualitas dan usia keju. (dfr)

Share This Article