Simbol & Makna Unik Hidangan Khas di Hari Imlek | Breaktime

ARTIKEL KULINER

Inijie

Travel Blogger & Profesional Photographer.

Simbol & Makna Unik Hidangan Khas di Hari Imlek
10.02.2016

Setiap Chinese New Year, orang Tionghoa punya kultur yang khas. Sebelum acara bagi-bagi angpao, malam sebelumnya mereka makan bersama untuk merayakan kebersamaan. Makanannya pun spesifik seperti Steamed Fish, Nian Gao, Yusheng, juga Tangerines atau Jeruk. Tahukah B’timers bahwa sederet makanan tersebut memiliki makna khusus? 

Steamed Fish

adalah sajian wajib di malam Tahun Baru Cina. Ikan memiliki simbol kemakmuran yang melimpah. Makanan ini biasanya dimasak dengan cara direbus ataupun dikukus. Cara memakannya pun juga beragam lho, B’timers. Ada yang harus menjadikan menu ini sebagai hidangan terakhir dan tidak memakan beberapa bagian tertentu, contohnya bagian kepala dan ekor yang tidak boleh dimakan sampai menjelang awal tahun baru, yang menyimpan makna bahwa tahun ini akan dimulai dan diakhiri dengan kemakmuran.

Simbol & Makna Unik Hidangan Khas di Hari Imlek | Breaktime
Steamed fish sebagai lambang kemakmuran

Nian Gao

atau yang biasanya dikenal sebagai Kue Keranjang adalah dessert populer yang menjadi camilan spesial selama Chinese New Year. Nian Gao bermakna sesuatu yang selalu tumbuh setiap tahun. Sebagai simbol bahwa semakin tinggi sebuah bisnis, maka akan semakin makmur juga rezeki dan kesehatan. 

Simbol & Makna Unik Hidangan Khas di Hari Imlek | Breaktime
Nian Gao melambangkan awal tahun yang manis

Yu Sheng

salad ikan mentah dengan campuran sayuran di atasnya. Secara tradisional, Yu Sheng dimakan pada hari ketujuh setelah Imlek. Yu Sheng tersaji di sebuah piring besar. Bagian yang paling menarik adalah tradisi mengangkat salad. Setap orang mengambil sumpitnya untuk mengangkat salad dan tos bersama-sama. Konon, semakin tinggi salad yang diangkat, semakin bagus kemakmuran tahun ini.

Simbol & Makna Unik Hidangan Khas di Hari Imlek | Breaktime
Yu Sheng, semakin tinggi, semakin makmur

Buah-buahan seperti Tangerin dan Oranges mewarnai setiap sudut meja rumah yang merayakan. Buah-buah ini berbentuk bulat dan berwarna mirip emas yang melambangkan kekayaan, B’timers. Memakan buah-buahan ini juga dipercayai sebagai pembawa keberuntungan. Semakin banyak Anda memakannya, semakin banyak kekayaan yang akan didapatkan.

Simbol & Makna Unik Hidangan Khas di Hari Imlek | Breaktime
Jeruk melambangkan emas

Itu dia makanan khas orang Tionghoa untuk memeriahkan Imlek yang tepat dirayakan pada tanggal 8 Februari. Kalau B’timers, bagaimana dengan kemeriahan dekorasi rumah menyambut The Monkey Year kali ini?

Share This Article

Tagging: