Simaklah Alasan Kenapa Harus Minum Coklat Panas! | Breaktime
Simaklah Alasan Kenapa Harus Minum Coklat Panas!
20.02.2017

Siapa yang tak suka menikmati coklat panas, sih, B’timers? Well, di musim penghujan adalah waktu yang tepat untuk menikmati secangkir minuman panas. Apalagi itu adalah coklat panas. Hmm, rasa manisnya, ditambah dengan aroma menenangkan khas coklat, membuat hot chocolate semakin menyenangkan di hari-hari yang begitu kelabu. Yeah, hot chocolate is our hero when it’s cold outside!

Sama seperti es krim yang menjadi primadona di musim panas atau kemarau, coklat panas adalah idola pada musim penghujan dan musim dingin, B’timers. Dan ternyata selain menawarkan kenikmatan serta kehangatan, coklat panas juga menyimpan manfaat bagi kesehatan Anda, lho! Wow, penasaran dengan apa saja alasan kenapa kita harus minum coklat panas? Check this out, yuk, B’timers!

Simaklah Alasan Kenapa Harus Minum Coklat Panas! | Breaktime
Tambahkan herbal untuk memperkaya aroma coklat panas

Di tengah-tengah musim hujan, coklat panas menjadi harta berharga yang diinginkan setiap orang. Tidak hanya menghangatkan, coklat panas yang merupakan minuman para Dewa ini menawarkan efek tenang dalam tubuh, lho, B’timers. Bahkan coklat panas sudah menjadi pilihan minuman yang populer sebelum adanya coklat padat. Alasan pertama kita harus minum coklat panas adalah sifat menyembuhkannya.

Tahukah Anda, bahwa ternyata kebiasaan minum coklat panas ini sudah dikenal oleh masyarakat Indian, yaitu bangsa Kuna, B’timers? Mereka hidup di gugusan pulau di lepas pantai Panama dan terbukti risiko terhadap hipertensi, diabetes tipe 2 dan aterosklerosis cukup rendah pada penduduknya. Hal ini karena mereka rutin mengonsumsi minuman dari coklat. Setidaknya mereka meminum 5 cangkir coklat sehari.

Penelitian yang dilakukan mengungkapkan, bahwa coklat menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, B’timers. Salah satunya adalah karena kandungan antioksidan yang disebut flavanols pada coklat yang memiliki kemampuan untuk melawan penyakit. Namun sayangnya pada kebanyakan coklat panas justru mengandung sedikit flavanol yang didapatkan dari tanaman kakao.

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari coklat panas, disarankan untuk membuatnya dari bubuk kakao yang tinggi akan kandungan flavanol dan juga tidak terlalu manis, B’timers. Namun sayangnya, di dalam kebanyakan minuman coklat panas yang dijual, justru terlalu banyak mengandung pemanis buatan dan tak terlalu banyak mengandung coklat asli yang berasal dari kakao, lho, B’timers.

Simaklah Alasan Kenapa Harus Minum Coklat Panas! | Breaktime
Coklat panas yang sehat adalah yang tidak terlalu manis, B’timers

Kandungan flavanol di dalam coklat terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga fungsi pembuluh darah agar lebih fleksibel dan mampu meningkatkan aliran darah. Dari penelitian lain, flavanol juga dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah di dalam otak. Dengan demikian efektif dalam membantu mengatasi penurunan memori yang berkaitan dengan usia seseorang.

Hal tersebut seperti yang dibuktikan oleh para peneliti dari Columbia University Medical Center, bahwa pasien dewasa yang mengonsumsi setidaknya minuman coklat panas selama kurang lebih 3 bulan, akan membantu meningkatkan fungsi dari daerah otak yang penting untuk daya ingat. Sementara itu pasien yang mengalami gangguan aliran darah ke otak, setelah minum 2 cangkir coklat panas setiap hari selama 1 bulan, dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Sehingga dapat meningkatkan memori.

Nah, di dalam penelitian lain yang serupa, menunjukkan bahwa, flavonol kakao dapat membantu bagi kesehatan kulit, lho, B’timers. Wah, kabar yang satu ini tentu sangat berguna untuk para wanita yang sedang melawan timbulnya tanda-tanda penuaan pada kulit wajahnya. Flavonol kakao bisa membantu mengurangi tanda penuaan dan meningkatkan elastisitas. Bahkan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

So, itulah tadi beberapa alasan kenapa Anda harus meminum coklat panas, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE