Pastikan 5 Makanan ini Tersedia di Rumah | Breaktime
Siaga Bencana, Pastikan 5 Makanan ini Tersedia di Rumah
09.06.2015

Kita sudah berusaha melestarikan dan menjaga alam agar tetap hijau dan asri. Kita pun senantiasa berbuat baik dan saling membantu sesama karena manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial. Namun tetap saja musibah dan bencana bisa terjadi B’timers, entah itu bencana alam seperti gempa atau banjir, juga musibah yang diakibatkan ulah manusia seperti perusakan properti atau pengeboman.

Jika bencana sudah terjadi, kita hanya bisa pasrah dan bersyukur saat masih mendapat kesempatan untuk bertahan. Dan salah satu hal yang wajib tersedia bagi survivor adalah makanan. Meski kita tidak mengharapkannya, namun bencana yang mungkin terjadi kapan saja harus diantisipasi dengan menyediakan makanan-makanan wajib ini:

Ikan kalengan

Pastikan 5 Makanan ini Tersedia di Rumah | Breaktime
Ikan kalengan kaya akan protein

Ikan kaya kandungan protein dan lemak baik seperti omega-3. Jenis ikan yang banyak dikonsumsi penduduk asli Alaska dan Kanada Utara ini juga baik untuk kesehatan jantung. Ikan kalengan wajib tersedia karena penggunaannya yang praktis.

Beras merah

Pastikan 5 Makanan ini Tersedia di Rumah | Breaktime
Tinggi kalori dan mengenyangkan

Tinggi kalori dan protein, juga banyak mengandung vitamin dan mineral penting. Beras merah tergolong awet dan tahan untuk waktu yang lama. Cara memasak beras merah yang cepat dan praktis adalah dengan merebusnya selama 30 menit sampai satu jam hingga matang.

Selai kacang

Pastikan 5 Makanan ini Tersedia di Rumah | Breaktime
Kaya akan lemak baik untuk tubuh

Banyak mengandung protein dan asam lemak penting untuk tubuh, selai kacang juga kaya vitamin dan mineral seperti zat besi. Hanya mengonsumsi beberapa sendok makan selai kacang saja dalam satu hari, Anda sudah kuat bertahan hidup dalam situasi di mana makanan yang ada sangat terbatas.

Energy bars atau cokelat batang

Pastikan 5 Makanan ini Tersedia di Rumah | Breaktime
Camilan pas di saat darurat

Makanan ringan yang sering jadi camilan ini tinggi kalori, protein dan nutrisi penting. Cokelat sendiri adalah sumber energi yang memberi asupan tenaga pada tubuh dengan cepat sekaligus merupakan mood booster yang handal. Bisa untuk membuat Anda bertahan beberapa minggu atau bulan.

Kopi instan

Pastikan 5 Makanan ini Tersedia di Rumah | Breaktime
Kopi bisa memberikan tenaga lebih

Kopi yang mengandung kafein memang bisa menjadi salah satu minuman yang memberikan tenaga bagi seorang penggemar kopi.  Tak hanya memberi kekuatan, kopi juga merupakan mood booster yang bekerja cepat dan sangat baik untuk menambah semangat. Kopi wajib Anda sediakan saat bertahan.

Karena mengantisipasi adalah langkah paling tepat agar nantinya bisa bertahan hidup, maka siapkan persediaan makanan yang bisa menjadi amunisi seperti disebutkan tadi ya, B’timers.

Share This Article