Si Kriuk Renyah Macam-macam Kerupuk di Indonesia | Breaktime
Si Kriuk Renyah, Macam-macam Kerupuk di Indonesia
17.07.2016

Makan tak pernah lengkap jika tidak ada si kriuk, kan, B’timers? Dengan tekstur yang garing dan renyah ditambah rasa yang gurih, selera makan pasti akan bertambah. Kerupuk tidak hanya pas dinikmati untuk pendamping lauk saja, lho. Teman nonton TV pun sempurna dengan adanya kerupuk dan sambal. Nah, ini beberama macam kerupuk yang ada di Indonesia, B’timers!

Si Kriuk Renyah Macam-macam Kerupuk di Indonesia | Breaktime
Ada yang kecil dan besar, cocok untuk camilan

Kerupuk udang

Dengan bentuk yang beraneka ragam, kerupuk yang terbuat dari udang ini memiliki rasa yang gurih dan aromanya pun khas udang. Paling banyak dijumpai adalah yang berbentuk bulan sabit.

Kerupuk amplang

Warnanya kecoklatan dengan bentuk seperti bola pingpong. Ada juga yang berbentuk runcing seperti kuku macan. Tak heran banyak yang menyebutnya kerupuk kuku macan, B’timers.

Si Kriuk Renyah Macam-macam Kerupuk di Indonesia | Breaktime
Sering dijadikan oleh-oleh khas Sumatera

Kerupuk kemplang

Biasa dijadikan oleh-oleh khas Sumatera, kerupuk unik ini terbuat dari daging ikan dicampur dengan tepung tapioca. Bentuknya bulat pipih dan diolah dengan cara dipanggang, bukan digoreng.

Kerupuk kampung

Nah, kalau yang ini paling sering kita jumpai di warung. Bentuknya keriting menjadi ciri khas kerupuk kampung. Terbuat dari tepung tapioca dan warnanya ada yang putih, kuning ataupun warna lain.

Kerupuk kulit

Selain nama kerupuk kulit, ada beberapa nama yang dikenal masyarakat. Mulai dari kerupuk jangek, kerupuk rambak atau krecek. Namanya didapat dari bahannya yang beasal dari kulit sapi atau kerbau.

Kerupuk mi

Tidak jauh berbeda dengan mie, kerupuk ini warnanya kuning. Meskipun bentuknya sama seperti kerupuk kampung yang ada di warung, namun ukutannya jauh lebih besar.

Kerupuk melarat

Arti dari kerupuk ini adalah kerupuk miskin, B’timers. Beasal dari Cirebon, kerupuk ini memiliki warna cerah. Yang khas dari kerupuk melarat adalah cara menggorengnya yang menggunakan pasir panas.

Si Kriuk Renyah Macam-macam Kerupuk di Indonesia | Breaktime
Aromanya mirip bawang dengan rasa gurih

Kerupuk bawang

Meniru bentuk bawang, kerupuk ini kecil dengan warna putih bersih. Rasanya gurih dengan aroma khas dari bawang. Biasanya menjadi teman nasi goreng atau gado-gado, B’timers.

Kerupuk gendar

Sebagian orang menyebutnya dengan nama kerupuk karak atau kerupuk nasi, sesuai dengan bahan pembuatannya, B’timers. Nasi yang telah dibumbui ditumbuk hingga padat.

Nah, dari macam-macam kerupuk yang ada di Indonesia, mana favorit Anda, B’timers? (NO)

Share This Article