Serunya Modifikasi Makanan Khas Lebaran Ini! | Breaktime
Serunya Modifikasi Makanan Khas Lebaran Ini!
14.06.2017

Meskipun bulan puasa masih berjalan setengah bulan, tidak ada salahnya B’Timers mulai mencari referensi masakan yang akan dimasak pada saat lebaran nanti.Nah, agar berbeda dari orang lain atau lebaran-lebaran sebelumnya, berikut ini 7 masakan khas lebaran modifikasi yang bisa B’Timers coba pada lebaran kali ini.

Serunya Modifikasi Makanan Khas Lebaran Ini! | Breaktime
kue kering coklat lezat nan gurih

Kue kering modifikasi. Sajian satu ini memang sudah menjadi khas lebaran di daerah mana pun. Berbagai toko kue menjual berbagai macam kue lebaran mulai dari yang klasik seperti kastengel, nastar nanas, dan sebagainya. Alih-alih membeli, B’Timers dapat membuat kue kering khas B’Timers sendiri misal rainbow cookies, kastengel bentuk kartun, gingerbread bentuk ketupat, choco energy box, dan sebagainya. Menyajikan sajian yang berbeda dari orang lain itu kebanggaan sendiri, lho. Bisa juga jadi kesempatan B’Timers untuk promosi makanan buatan sendiri.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Berbagai Resep Masakan dari Bayam untuk Berbuka!

Opor bebek. Masakan khas lebaran ini selalu ada di rumah-rumah kebanyakan orang yang merayakan lebaran. Nah, B’Timers bisa mengganti ayam dengan bebek. Jika Anda tidak bisa makan masakan yang mengandung santan, Anda dapat membuatnya tanpa santan dan rasanya tetap seenak aslinya, lho.

Lontong atau ketupat dari beras merah. Pada umumnya ketupat atau lontong dimasak dengan menggunakan beras putih biasa. Tapi, karena B’Timers ingin lebarannya berbeda tahun ini, Anda dapat mengganti beras putih tersebut dengan beras merah. Karena rasa beras merah hambar, B’Timers dapat menambahkan perasa misalnya kaldu, garam, atau merica. Intinya, Anda bisa bereksperimen dengan beras merah ini hingga mendapat rasa yang diinginkan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bawa Segarnya Buka Puasa dengan Unicorn Cocktail

Semur jamur. Menu semur juga termasuk masakan khas lebaran. Tapi, harga daging yang terbilang cukup mahal dan saat ini B’timers sedang banyak pengeluaran saat ini, Anda dapat menggantinya dengan jamur. Selain sehat, jamur juga cocok untuk Anda yang vegetarian tapi tetap ingin menyajikan kuliner khas lebaran. Untuk jamurnya sendiri, ada banyak sekali pilihan yang dijual seperti shiitake, jamur tiram, enokitake, matsutake, jamur merang, dan lain-lain. Anda bisa mendapatkan jamur tersebut di supermarket-supermarket besar di kota Anda.

Sate taichan. Jika biasanya Anda menyajikan sate daging ayam atau sapi yang disiram kuah kacang, pada lebaran kali ini B’Timers bisa mencoba taichan style. Selain sedang hits saat ini, orang-orang tidak akan bosan saat berkunjung ke rumah Anda karena menyajikan menu sate yang berbeda. Untuk tambahan variasi, B’Timers bisa mennghidangkan berbagai macam jenis sambal mengingat masyarakat Indonesia suka sekali dengan sambal.

Serundeng. Berbeda dengan abon, serundeng lebih cocok sebagai makanan pendamping opor. Menu ini dibuat dengan bahan dasar utama kelapa. Nah, Anda bisa mengganti kelapa ini dengan daging sehingga menjadi serundeng daging. Cara  membuatnya tetap sama dengan serundeng kelapa, hanya saja takaran daging dan kelapa sebanyak 1 : 1. Kalau tetap tidak mau menggunakan campuran kelapa, Anda tetap bisa menggunakan daging saja dengan takaran yang lebih banyak sebagai pengganti kelapa. 

Serunya Modifikasi Makanan Khas Lebaran Ini! | Breaktime
rujak cingur yang khas penggugah selera
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
4 Bahan Makanan Ini Lebih Yummy Saat Dipanggang

Gado-gado. Setiap daerah memiliki khas gado-gadonya sendiri dan penyebutannya juga berbeda-beda. Ada gado-gado siram, rujak cingur, dan sebagainya. Nah, B’Timers bisa mencoba gado-gado model prasmanan dengan menyediakan berbagai macam isian seperti kangkung, selada, timun, kentang, telur, kikil, dan sebagainya. Untuk kuahnya, Anda bisa menyediakan dua jenis macam kuah misalnya kuah kacang khas gado-gado Jakarta atau kuah kacang rujak cingur khas Jawa Timur.

Itulah berbagai macam referensi masakan khas lebaran modifikasi yang bisa Anda coba di rumah. Bagaimana B’Timers? Sudah tahu ingin masak apa?



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE