Sering Pakai Soya Sauce? Kenali Macamnya, yuk! | Breaktime
Sering Pakai Soya Sauce? Kenali Macamnya, yuk!
26.05.2016

Hampir di setiap masakan Asia, termasuk menu Indonesia menggunakan kecap atau soya sauce. Mulai dari nasi goreng, tumisan hingga saus untuk sushi. Dan kebanyakan orang membeli kemasan besar untuk semua hidangan, B’timers. Masalahnya berbagai resep yang ada belum tentu cocok dengan satu jenis soya sauce, lho. Kenali macam-macam soya sauce beserta kegunaannya berikut ini, yuk!

Dark soy sauce, Jepang

Memiliki karakteristik yang lebih kental. Dan rasanya tidak terlalu asin, karena saat proses pembuatan sebanyak 40 persen  kandungan garamnya diambil. Soya sauce ini termasuk yang paling umum digunakan di setiap masakan Jepang, B’timers. Karena teksturnya yang agak pekat ini, dark soy sauce cocok untuk bumbu hidangan, olesan atau sebagai saus untuk celupan.

Light soy sauce, Jepang

Soy sauce yang satu ini lebih terang dan encer dari dark soy sauce. Penambahan mirin memberikan perpaduan rasanya menjadi sedikit manis dan asin. Dengan kekayaan rasa yang lebih lengkap, membuatnya sempurna untuk digunakan sebagai bumbu tumisan. Penggunaan light soy sauce dalam jumlah kecil dipastikan tidak akan mengubah warna makanan yang Anda masak.

Sering Pakai Soya Sauce? Kenali Macamnya, yuk! | Breaktime
Ketiga varian kecap Jepang

Tamari, Jepang

Lebih mirip dengan kecap tradisional China, tamari dibuat dengan kedelai dan sedikit atau tidak menggunakan gandum sama selaki, B’timers. Tamari mulai dibuat pada abad ke-15 sebagai produksi produk miso, pasta kedelai yang difermentasikan. Dengan kandungan kedelai yang lebih tinggi, membuat tamari memiliki rasa yang kuat, sehingga cocok untuk saus.

Dark soy sauce, China

Warna gelap dan tekstur yang kental, membuatnya mirip seperti Japanese dark soy sauce, B’timers. Yang membedakannya adalah rasanya yang cenderung lebih tidak terlalu asin. Salah satu dari macam-macam soya sauce ini difermentasikan dengan jangka waktu yang lebih lama dan dengan menambahkan gula untuk rasa manisnya.

Sering Pakai Soya Sauce? Kenali Macamnya, yuk! | Breaktime
Kecap adalah bumbu andalan dalam menu tumisan

Light soy sauce, China

Terbuat dari pressing yang pertama saat fermentasi kedelai, membuat Chinese light soy sauce lebih mahal dari kecap lainnya, B’timers. Anda akan mendapatkan labelnya bertulis “pure bean” atau “thin”, yang merupakan ciri dari fresh soy sauce. Kecap jenis ini biasanya digunakan untuk meningkatkan rasa masakan saat mengolah.

Dan banyak negara Asia yang memiliki macam-macam soya sauce sendiri. Namun, Anda perlu bangga, karena ternyata jenis kecap yang paling digemari di negara Barat adalah kecap manis Indonesia! (NO)

Share This Article