Sering Makan Telur Ikan? Ini Baik dan Buruknya | Breaktime
Sering Makan Telur Ikan? Ini Baik dan Buruknya
26.07.2016

Pernah menikmati telur ikan, B’timers? Hidangan mewah nan misterius ini memiliki rasa gurih dan tekstur yang unik sehingga tak mudah dilupakan. Namun apakah Anda mengetahui, sebenarnya apa manfaat yang dikandung di dalam telur ikan yang unik ini?

Kandungan gizi dari telur ikan

Dalam sekitar satu sendok makan telur ikan, memiliki 19 hingga 40 kalori. Tak hanya itu, B’timers, telur ikan juga menyimpan kandungan energi dan lemak, meskipun hanya sedikit. Untuk orang dewasa disarankan mengonsumsi 46 hingga 56 gram protein dari telur ikan, agar mencukupi persediaan energi yang berguna bagi pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot.

Sering Makan Telur Ikan? Ini Baik dan Buruknya | Breaktime
Hayoo, apa bedanya telur ikan dengan kaviar, B’timers?

Vitamin dan mineral dari telur ikan

Ternyata memakan telur ikan dapat memasok hingga 11 % kebutuhan besi bagi tubuh Anda, B’timers. Anda membutuhkan zat besi untuk mempromosikan oksigen dari darah serta otot. Dalam satu porsi telur ikan berisi sekitar 1 hingga 6 % asupan harian Vitamin A yang direkomendasikan. Selain itu, dalam satu sendok makan telur ikan juga mengandung 4 % Vitamin C untuk orang dewasa, lho.

Manfaat di balik telur ikan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 ditemukan, telur ikan merupakan sumber paling tinggi untuk asam lemak Omega-3. Dan telur ikan dari salmon memiliki nilai tertinggi jika dibandingkan dengan telur ikan dari ikan lainnya, B’timers. Namun meskipun demikian, telur ikan tetap tinggi akan kandungan lemak Omega-3. Dan lemak ini yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung.

Hati-hati!

Kandungan negatif untuk mereka yang sedang melakukan diet garam, adalah kandungan kadar sodium yang tinggi dari telur ikan, B’timers. Menurut The American Center Association, batasi konsumsi asupan sodium untuk menurunkan risiko tekanan darah tinggi, stroke dan serangan jantung. Dan yang perlu diperhatikan, terutama bagi wanita hamil, telur ikan berisi kontaminan seperti merkuri, B’timers!

Nah, masih mengenai telur ikan, dan ternyata tidak diketahui banyak orang adalah, tidak semua telur ikan merupakan kaviar. (NO)

Share This Article