Kubis Ternyata Punya Sejuta Manfaat Rahasia! | Breaktime
Sering Diremehkan, Kubis Ternyata Punya Sejuta Manfaat Rahasia!
12.11.2015

Sudah bukan rahasia lagi bahwa sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang sangat bagus jika dikonsumsi harian. Sayangnya, banyak yang memandang sebelah mata terhadap kubis dan menganggapnya tidak memiliki manfaat sebanyak sayuran lain. Padahal, ada begitu banyak manfaat dari kubis yang tak kalah dengan sayuran lain seperti bayam dan sawi. Ini dia informasinya:

Kubis dikenal sebagai brain food

Di dalam sepotong kubis banyak sekali terdapat vitamin K dan anthocyanins yang dapat membantu meningkatkan fungsi mental dan juga konsentrasi. Jenis nutrisi tersebut juga mencegah terjadinya kerusakan pada sistem otot dan meningkatkan perlawanan terhadap penyakit Alzheimer serta dementia. Untuk meningkatkan konsentrasi lebih tinggi, pilihlah kubis ungu sebagai konsumsi sehari-hari.

Tinggi kandungan sulfur, bagus untuk kecantikan

Memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi, kubis akan membantu mengatasi produksi minyak berlebih di wajah dan juga masalah jerawat. Tidak hanya itu saja, kubis juga memiliki kandungan keratin yang tinggi yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan serta kecantikan rambut, kuku, dan juga kulit. 

Kubis Ternyata Punya Sejuta Manfaat Rahasia! | Breaktime
Kubis memiliki manfaat yang sangat lengkap, baik dari sisi kecantikan maupun kesehatan

Pencegahan kanker

Kubis terkenal sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk pencegahan kanker. Antioksidan seperti halnya lupeol, sinigrin, dan juga sulforaphane akan menstimulai pertumbuhan enzim serta mencegah perkembangan sel kanker. Penelitian yang diunggah pada Nutritional Pharmacology menyebutkan bahwa para wanita yang menambahkan kubis ke dalam dietnya sehari-hari mengalami penurunan resiko terserang kanker payudara.

Mengobati sakit kepala

Anda tidak perlu lagi membeli obat sakit kepala ketika migraine menghadang. Letakkan kompresan yang terbuat dari kubis dan secara perlahan sakit kepala yang Anda derita akan sembuh. Cincanglah kubis dan masukkan ke dalam kain yang bersih kemudian letakkan di dahi. Selain itu, Anda juga bisa meminum 25-50 ml jus kubis jika menderita sakit kepala yang parah.

Pilihan yang sangat bagus untuk diet

Jika Anda sekarang ini sedang berjuang menurunkan berat badan, kubis adalah salah satu pilihan yang tepat. Kubis merupakan bahan yang memiliki lemak yang sangat sedikit namun tinggi serat. Pilihan yang sangat tepat digunakan untuk meluruhkan lemak tubuh.

Bagaimana B’timers, banyak kan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari sayuran satu ini? Mulai sekarang, jadikan kubis sebagai salah satu menu konsumsi harian, ya! (ya)

Share This Article