Tips Menjaga Makanan di Kulkas Awet dan Segar | Breaktime
Serba Serbi Menjaga Makanan di Kulkas Awet dan Segar
06.05.2016

Lemari pendingin menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesegaran bahan makanan Anda. B’timers dapat pula memperpanjang umur makanan dengan disimpan dalam lemari pendingin. Meskipun sudah menjadi fitur lemari pendingin untuk menjaga bahan makanan Anda tetap awet, B’timers tetap harus mengetahui segala hal tentang penyimpanan dalam kulkas, lho! Apa saja?

Miliki termometer kulkas

B’timers mungkin bisa saja mengatur suhu sesuai dengan temperatur yang Anda inginkan. Namun, meletakkan termometer kulkas akan membantu Anda mengecek suhu dengan lebih baik. Letakkan termometer di bawah rak teratas dan dekat dengan pintu kulkas. Pastikan menjaga suhu agar tidak sampai lebih besar atau mendekati 5o C karena suhu yang paling tepat untuk sebuah kulkas menjaga kesegaran bahan makanan adalah 4oC.

Tips Menjaga Makanan di Kulkas Awet dan Segar | Breaktime
Termometer kulkas untuk memantau suhu tetap stabil untuk makanan Anda

Bahan makanan dalam lemari pendingin

B’timers tidak dapat asal memasukkan semua bahan makanan ke dalam lemari pendingin. Periksa aturan penyimpanan setiap makanan yang terdapat dalam label. Bila terdapat anjuran untuk menyimpannya dalam suhu dibawah 5oC sebaiknya Anda memasukkannya dalam lemari pendingin agar tetap segar. Selain itu, makanan olahan atau masakan Anda sangat dianjurkan untuk dimasukkan ke dalam kulkas agar tidak cepat basi.

Penempatan bahan makanan dalam kulkas

Tidak hanya bahan makanan apa saja yang dapat masuk ke dalam kulkas, B’timers harus memperhatikan cara penyimpanan dalam lemari pendingin yang tepat. Pisahkan antara makanan yang sudah matang dengan makanan yang masih mentah. Jangan sampai bersentuhan karena bakteri akan mudah menyebar dan menyebabkan bahan makanan Anda cepat busuk. Letakkan daging segar di bagian paling bawah agar air dan darah tidak mengalir mengontaminasi semua makanan lainnya.

Baca juga : Sudah Tepatkah Cara Simpan Makanan dalam Kulkas?

Tips Menjaga Makanan di Kulkas Awet dan Segar | Breaktime
Letakkan dengan rapi dalam lemari pendingin, ya!

Teknik membekukan makanan

B’timers bisa saja memasukkan satu bongkah makanan besar ke dalam freezer untuk dibekukan. Tetapi, akan lebih mudah bila Anda memisahkannya ke dalam wadah kecil-kecil. Wadah kecil akan memudahkan Anda untuk mengambil makanan beku tersebut tanpa harus mencairkan seluruh bahan makanan. Selain wadah, B’timers dapat pula memanfaatkan freezing bags untuk membekukan bahan makanan Anda dengan mudah.

Meski terlihat sepele, banyak yang perlu B’timers perhatikan untuk menjaga bahan makanan Anda tetap segar dan awet dalam lemari pendingin. Jangan lupa untuk membersihkan kulkas setiap 2-3 minggu sekali agar selalu terjaga kebersihannya. Lemari pendingin Anda pun juga akan dapat lebih awet. Selamat mencoba! (ft)

Share This Article