Serba-Serbi Makanan Ruang Angkasa untuk Astronot | Breaktime
Serba-Serbi Makanan Ruang Angkasa untuk Astronot
14.01.2016

Pernahkah Anda membayangkan makanan khusus astronot? Seperti apa bentuk dan rasanya? Nah, daripada penasaran, yuk, intip fakta menarik tentang makanan ruang angkasa!

Persyaratan makanan ruang angkasa

Makanan yang diberikan untuk para astronot harus melalui serangkaian proses, sebelum benar-benar dapat dibawa ke ruang angkasa. Pertama, tentu saja harus portabel karena biaya yang dihabiskan mencapai $ 10.000 untuk tiap satu pon makanan.

Kedua, makanan harus kaya nutrisi sekaligus mengenyangkan. Di ruang angkasa, para astronot mengeluarkan lebih banyak kalori. Oleh karena itu, makanan khusus ini haruslah kaya akan nutrisi untuk menjaga stamina para astronot. Selain itu, kualitas makanan juga harus benar-benar diperhatikan agar tak berpengaruh buruk terhadap perncernaan.

Serba-Serbi Makanan Ruang Angkasa untuk Astronot | Breaktime
Sajian Espresso untuk para astronot

Bentuk makanan ruang angkasa

Awalnya, sebagian besar makanan ruang angkasa berbentuk semi cairan dan dimakan melalui sedotan. Namun, kemudian jenis ini berkembang menjadi makanan kering yang benar-benar bisa dikonsumsi hanya dengan menambahkan air. Bahkan, jus jeruk, kopi dan susu, juga bisa dinikmati di ruang angkasa.

Disamping kedua jenis makanan tersebut, makanan berbentuk kubus juga sangat digemari. Bahkan, NASA terobsesi dengan bentuk makanan ruang angkasa yang satu ini. Mulai dari menu sarapan seperti roti kubus, stroberi kubus, dan daging kubus, hingga makanan ringan seperti cokelat dan selai kacang berbentuk kubus. Makanan berbentuk kubus, juga menjadi makanan pertama yang dimakan di bulan.

Serba-Serbi Makanan Ruang Angkasa untuk Astronot | Breaktime
Berbagai pilihan item makanan ruang angkasa

Rasa makanan ruang angkasa

Anda tentu bertanya-tanya bagaimana rasa makanan khusus ruang angkasa. Samakah seperti di Bumi? Jawabannya tidak. Para astronot hanya mampu mencicipi 30 persen rasa makanan saat di ruang angkasa. Hal ini disebabkan oleh lingkungan kabin yang kering. Meskipun begitu, rasa makanan yang tak terlalu kuat ini tidak menjadi masalah selama astronot mendapatkan energi serta rasa kenyang.

Terdiri dari berbagai item

Pada tahun 1970 hingga 1980-an, pilihan kuliner di pesawat ruang angkasa terdiri dari 70 item makanan. Makanan-makanan ini, disiapkan oleh koki ternama dan direkomendasikan oleh astronot yang akan bertugas. Para astronot diminta ikut serta dalam pengujian rasa untuk menentukan makanan pilihan mereka. Selanjutnya makanan akan dikemas dengan bentuk semi cairan atau makanan kering.

Tertarik untuk mencicipi salah satu makanan ruang angkasa? (dfr)

Share This Article