Sensasi Gigit Kuku Macan Amplang Kalimantan | Breaktime
Sensasi Gigit Kuku Macan Lewat Amplang Kalimantan
15.04.2016

Makan kuku macan? Sekedar mendekat saja sudah bikin kejer karena ketakutan. Bahkan, bulu kuduk bisa meremang mengalahkan seramnya berkunjung ke rumah hantu. Namun, kalau yang dimakan ini adalah kue kuku macan atau yang biasa disebut amplang, Anda justru akan betah-betah saja dan malah tak bisa berhenti mengunyah. Yups, gurih dan lezatnya amplang khas Kalimantan tersebut memang sudah terkenal di seantero negeri. Tak percaya? Coba saja!

Kue kuku macan sebenarnya adalah sejenis kue atau kerupuk ikan yang bercita rasa asin dan gurih. Pada dasarnya, amplang kuku macan dibuat dari daging ikan tenggiri. Namun kini banyak produsen yang membuat amplang dengan bahan pokok dari berbagai macam jenis daging ikan. Yang jelas, menurut penggemar amplang, si kue kuku macan dari daging ikan tenggiri adalah yang terbaik.

Sensasi Gigit Kuku Macan Amplang Kalimantan | Breaktime
Salah satu contoh produk amplang Kalimantan

Kenapa disebut kuku macan?

Pertanyaan ini akan langsung terjawab jika Anda melihat langsung bentuknya. Benar sekali, jika diperhatikan, amplang memiliki bentuk melengkung yang sangat mirip dengan kuku macan. Garangnya amplang Kalimantan tersebut juga terlihat dari ujung kue yang runcing mirip kuku macan yang siap mencabik-cabik mangsanya. Memang sih, saat ini kue amplang sudah dikembangkan dalam berbagai bentuk. Namun, kuku macan tetap rajanya.

Amplang kuku macan ternyata juga merupakan jajanan yang “ramah mulut”. Dengan ukuran yang hanya sebesar ibu jari, akan memudahkan Anda saat menyantapnya hanya dalam sekali suap. Well, ketika sudah masuk di mulut, rasakan sensasi mengunyah kuku si raja hutan. Kapan lagi bisa menyantap “kuku” harimau yang galaknya minta ampun?

Nah, seperti yang telah dijelaskan di atas, amplang kuku macan sebenarnya dibuat dari daging tenggiri. Namun, kreativitas produsen semakin berkembang dengan mencoba untuk menggunakan daging ikan lainnya. Setiap kota di Kalimantan juga memiliki resep dan ciri khas tersendiri dalam mengolah amplang. Namun, dengan bumbu dan bahan dasar yang berbeda akan membuat cita rasa amplang semakin beragam.

Sebagai informasi, hingga saat ini belum diketahui dari mana asal jajanan gurih tersebut. Hampir seluruh kota di Pulau Kalimantan memperkenalkan amplang sebagai oleh-oleh khasnya. Namun di luar itu, Samarinda dan Balikpapan adalah yang paling terkenal jago dalam memproduksi jajanan amplang dengan rasa juara. Bagusnya lagi, untuk dapat menikmati si kuku macan Anda tak perlu jauh-jauh ke Kalimantan karena kini sudah banyak didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Nah, kalau Anda memiliki resep unik, asli dan khas yang menjadi menu andalan di rumah atau keluarga Anda, tidak ada salahnya B’timers menguji keahlian dengan mengikuti #BTindChallenge. Lewat Breaktime Challenge, tunjukkan kepada dunia bahwa Anda layak menjadi #SmartKoki. B’timers dapat mengunjungi Facebook Page Breaktime (https://www.facebook.com/BreaktimeInd/) untuk info lebih lanjut. Tunggu apa lagi? Join dan menangkan hadiahnya! (nap)

Share This Article