Selama Lebaran, ini Menu Unik di Berbagai Negara | Breaktime
Selama Lebaran, ini Menu Unik di Berbagai Negara
26.06.2017

Mudik atau pulang kampung memang sudah menjadi tradisi di setiap akhir bulan Ramadan yang tak bisa ditinggalkan, B’timers. Namun selain itu masih banyak yang wajib ada di meja makan setiap datang Hari Raya Lebaran, lho. Jika di Indonesia kita belum berlebaran jika di atas meja tak disajikan ketupan beserta aneka lauk pauk yang menggugah selera, mulai dari Opor Ayam hingga Sambal Goreng Kentang, juga tak ketinggalan aneka kue kering aneka bentuk dan isian yang memenuhi toples di ruang tamu.

Namun apakah di setiap negara memiliki kebiasaan yang sama? Yuk, intip aneka menu unik di berbagai negara yang selalu ada pada Hari Raya Lebaran, B’timers!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mudahnya Menganyam Ketupat Hari Raya

Idul Fitri dirayakan dengan penuh suka cita di negara-begara Asia, mulai Brunei, Malaysia, Singapura dan termasuk di Indonesia, B’timers. Festival perayaan ini biasa kita sebut dengan nama Lebaran dari negara kita. Beberapa menu yang selalu turut memeriahkan hari spesial setelah sebulan penuh Anda berpuasa, adalah aneka ragam daging kari, ketupat, lemang dan berbagai kue kering dan kue basah manis.

Selama Lebaran, ini Menu Unik di Berbagai Negara | Breaktime
Kahk, kue tradisional setiap Lebaran yang disajikan di Mesir

Lain lagi di Mesir, B’timers. Di negara Timur Tengah yang satu ini, Idul Fitri akan dirayakan selama 4 hari berturut-turut. Biasanya mereka menghidangkan aneka sajian yang terbuat dari ikan yang lezat. Dan tak ketinggalan makanan tradisional lainnya, misalnya Fata atau campuran nasi, daging, bawang serta cuka, yang dimasak bersamaan. Lalu ada Kahk, sejenis kue tradisional

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Lengkap Lontong Cap Gomeh untuk Lebaran

Masyarakat Muslim yang tinggal di Irak biasanya menghidangkan sajian khas Idul Fitri yang disebut juga dengan nama Klaicha. Jenis kue tradisional ini adalah menu makanan yang harus ada di setiap Lebaran di Irak, B’timers. Klaicha adalah kue dengan isian kacang dan kurma. Untuk memberikan warna nan unik, kue tradisional dari Irak ini diberikan warna yang terbuat dari mawar. Wow, unik dan terdengar manis!

Selama Lebaran, ini Menu Unik di Berbagai Negara | Breaktime
Baklava, aneka potongan kue manis khas Lebaran di Turki

Ucapan yang biasanya didengar di Turki saat Hari Raya Lebaran adalah “Seker Bayrami” atau “Selamat Hari Manis”, B’timers. Nah, yang unik dari perayaan penuh kegembiraan ini adalah, mereka akan selalu menyajikan makanan manis, sebagai ungkapan rasa syukur karena telah berhasil melalui sebulan puasa penuh. Masyarakat Turki selalu menyuguhkan Turkish Delight dan Baklava dengan rasa nan manis.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rahasia Resep Kuliner Nusantara Turun-Temurun

Tahukah Anda jika di Afghanistan selalu diadakan kompetiri memegang telur untuk merayakan festival suci ini, B’timers? Tokhm-Jangi diadakan di lapangan terbuka dan semua peserta yang ikut serta dalam kompetisi satu ini akan saling melemparkan telur rebus satu sama lain. Dan lain lagi dengan masyarakat Muslim yang ada di Birma. Mereka biasanya akan menyajikan Semolina-made Dessert yang unik.

Penduduk di Saudi Arabia memang telah dikenal sebagai masyarakat yang merayakan Idul Fitri dengan cara yang paling tulus, B’timers. Mereka menghamparkan permadani di depan rumah mereka, duduk di sana bersama para tetangga serta kerabat. Dan yang unik dari perayaan Lebaran di Arab Saudi adalah, mereka akan saling berbagi makanan dengan yang lainnya.

Jika Anda ke Somalia bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, maka Anda akan dijamu dengan beraneka ragam menu makan malam. Masyarakat di sini biasanya menyaipak permen tradisional bernama Halvo, atau makanan penutup sederhana yang terbuat dari gula, minyak tepung maizena serta aneka macam rempah-rempah. Intinya para tamu akan dijamu habis-habisan jika datang ke Somalia!

Chaand Raat adalah malam perayaan dari masyarakat India untuk memperingati Hari Idul Fitri yang akan datang keesokan harinya, B’timers. Wanita biasanya akan mengenakan hiasan henna pada tangan serta kaki mereka. Lalu hadiah Eid akan dibagikan dalam bentuk uang atau permen. Menu yang disajikan saat Lebaran di India adalah Vermicelli Pudding atau Seviyan, aneka Kebab, Nihari, Haleem dan menu lain.

Bagaimana dengan menu unik yang ada di keluarga Anda, nih, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE