Sekilas Tentang Shakshouka, Khas Timur Tengah | Breaktime
Sekilas Tentang Shakshouka, Khas Timur Tengah
13.10.2016

Timur Tengah adalah sebuah kawasan negara yang terkenal dengan berbagai macam kulinernya. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa kuliner khas Timur Tengah, seperti kebab dan nasi kebuli. Sebenarnya masih banyak sekali makanan khas Timur Tengah yang sangat lezat, salah satunya adalah shakshouka.

Shakshouka atau shakshuka adalah hidangan yang terbuat dari telur rebus yang diletakkan di dalam saus tomat, cabe, bawang, dan jintan. Asal makanan ini yang sebenarnya adalah dari Tunisia dan Maroko Yahudi. Namun, saat ini populer di banyak kelompok etnis dari Timur Tengah dan Maghreb.

Dalam bahasa Arab Libya, shakshouka berarti campuran. Selain banyak yang menganggap bahwa makanan ini berasal dari Maroko, ada juga yang percaya bahwa makanan ini berasal dari Israel. Di Israel sendiri, makanan ini menjadi hidangan saat sarapan dan makan malam.

Baca juga : ANEKA MENU PERPADUAN LEZAT BUAH DENGAN SAYURAN!

Sejarah

Menurut sejarah sendiri, shakshouka adalah makanan pokok dari Tunisia, Libya, Aljazair, Maroko dan Mesir. Makanan ini disajikan di dalam panci besi dengan roti untuk mencocol saus. Makanan ini sangat populer di Israel karena dulunya diperkenalkan oleh masyarakat Yahudi Tunisia dan Yahudi Maghrebi pada tahun 1950an.

Perbedaannya jika di Tunisia ditambahkan dengan hati, kentang, dan kacang. Versi dari negara lain juga ditambahkan beberapa bahan, yaitu keju.

Sekilas Tentang Shakshouka, Khas Timur Tengah | Breaktime
Lezatnya shakshouka yang terpopuler di Timur Tengah ini!

Shakshouka ini ternyata juga mirip dengan hidangan lain di Timur Tengah atau bahkan di Eropa. Misalnya seperti di Turki ada sebuah makanan dengan nama yang sama, namun bentuknya lebih seperti ratatouille. Sedangkan di Spanyol sangat mirip dengan pisto manchego yang juga disertai dengan telur goreng.

Anda pasti penasaran, kan dengan shakshouka yang merupakan hidangan paling populer di Timur Tengah ini. Anda mungkin bisa membelinya di restoran-restoran atau mencoba membuatnya sendiri. (vpd)

Share This Article