Sejarah Singkat Mie Ramen Khas Jepang | Breaktime
Sejarah Singkat Mie Ramen Khas Jepang
23.12.2015

B'timers pecinta mie? Pasti sudah tidak asing dengan ramen bukan? Ya, mie yang berasal dari Jepang ini memiliki karakteristik tersendiri dan ragam rempahnya cukup banyak. Selain itu, di tiap daerah di Jepang memiliki jenis ramen yang berbeda-beda. Tapi tahukah Anda B'timers, mie ramen sebenarnya diciptakan oleh dua koki yang berasal dari Cina.

tepatnya pada tahun 1910, dua koki Cina yang bekerja di restoran Rairaken, Tokyo memiliki sebuah ide untuk membuat sebuah makanan baru yang berbentuk mie dengan campuran kuah kaldu dari beragam rempah. Awalnya keduanya membuat mie yang umum di Cina. Tapi, karena terdorong keinginan awal akhirnya mereka memutuskan untuk sedikit memodivikasi olahan mie tersebut.

Di Cina, mie terkenal dengan teksturnya yang sangat elastis namun pada produk mienya saat ini kedua koki tersebut menambahkan beberapa tetes sodium karbonat agar lebih kuat. Dalam percobaan kali ini, kedua koki tersebut memasukkan mie kedalam kansui dan akhirnya keluarlah mie jenis baru. Mie ini lebih panjang serta lebih lentur dari yang tadi.

Keduanya sepakat memberi nama mie mereka, Shina Soba yang berarti Mie Cina. Dari waktu ke waktu, shina soba mengalami perubahan dari segi toping dan jenis rempah yang ada di dalamnya. Shina soba semakin tenar di kalangan masyarakat Jepang sampai pada suatu hari terjadilah musibah besar.

Sejarah Singkat Mie Ramen Khas Jepang | Breaktime
Banyak sekali toping yang ditambahkan kedalam ramen dari waktu ke waktu

Saat Jepang mengalami kekalahan besar pada perang dunia kedua, kata Shiba pada mie ini kehilangan pamornya. Shiba soba berganti naman menjadi Chuka soba yang berarti mie ala Cina. Dengan konsep yang sama hanya saja mengalami modernisasi dari segi pengawetan, mie ini kembali marak di masyarakat kelas manapun.

Pada tahun 1985, seorang pengusaha bernama Momofuku Ando membuat sebuah terobosan. Chuka soba yang awalnya hanya bertahan dari kisaran 7 hari, disulap menjadi tahan lama dengan metode kemasan. Chuka soba dibentuk menjadi berbentuk balok kemudian digoreng kering setelah diberi bumbu kaldu ayam. Mie ini diberi nama Chikin ramen.

Karena terlalu sering menyebut ramen, pada akhirnya sampai saat ini mie tersebut terkenal dengan nama ramen. Ramen mulai terkenal di Jepang ketika masuk tahun 2000. Dan pada tahun 2005 sekitar 87,7 triliun bungkus mie ramen habis terjual saat itu. Itulah sejarah seputar mie ramen dari Jepang. B'timers berminat mencobanya? (wsu)

Share This Article