Sedih, Opor Ayam Cepat Basi? Intip Dulu Tipsnya! | Breaktime
Sedih, Opor Ayam Cepat Basi? Intip Dulu Tipsnya!
02.09.2016

Suka masakan yang bersantan, seperti opor ayam, B’timers? Tak hanya saat Lebaran saja hidangan yang satu ini menjadi idola. Ya, karena selain menggugah selera, yang namanya opor ayam juga dapat satukan semua anggota keluarga, lho. Tapi sayangnya karena mengandung lemak dan protein dalam santan, jadi mudah sekali basi. Nah, intip tips agar opor ayam tak mudah basi, yuk, B’timers!

Sedih, Opor Ayam Cepat Basi? Intip Dulu Tipsnya! | Breaktime
Ambil kelapa parut dari kelapa tua yang masih segar

Pilih kelapa tua yang masih segar

Kenikmatan opor ayam memang didapatkan dari santannya. Nah, untuk itu, sebaiknya pilih kelapa parut dari buah kelapa tua. Selain itu saat membuat santan kental, seduh dengan air panas atau minimal yang cukup hangat. Cara ini untuk mengurangi potensi berkembangnya bakteri di santan.

Masaklah opor ayam hingga tanak

Nah, saat pertama kali dimasak, pastikan Anda membiarkannya benar-benar matang alias tanak. Bukan hanya cukup mendidih dan bumbu sudah pas. Sebelumnya tumis bumbu hingga matang dulu, baru Anda bisa memasukkan bahan-bahan lainnya. Biarkan kuahnya mendidih selama 10 menit.

Baca juga : RESEP AYAM POP BUAT PECINTA MASAKAN PADANG

Hangatkan lagi sebelum dihidangkan

Yang namanya makanan berkuah santan jauh lebih nikmat disajikan saat hangat, kan, B’timers? Nah, tips agar opor ayam tak cepat basi lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghangatkan lagi sebelum disajikan. Hal ini bisa mengurangi cepatnya makanan menjadi basi dalam waktu dekat.

Sedih, Opor Ayam Cepat Basi? Intip Dulu Tipsnya! | Breaktime
Disajikan hangat memang paling tepat, ya, B’timers?

Jangan aduk opor setelah dihangatkan

Mengaduk-aduk opor ayam ternyata bisa membuatnya cepat basi, lho, B’timers. Dan ini karena adanya kontak dengan benda asing atau udara dari luar. Apalagi jika Anda mengaduk opor setelah dihangatkan. Dan pastikan juga ketika menghangatkan, Anda menunggu hingga opor benar-benar tanak.

Jangan tutup panci setelah dihangatkan

Hayoo, Anda pasti lebih suka menutup panci saat menghangatkan sayur agar cepat mendidih, kan? Wah, jika cara ini juga Anda lakukan ketika menghangatkan makanan bersantan, maka akan membuatnya jauh lebih cepat basi. Menutup panci setelah menghangatkannya juga akan membuatnya basi.

Selain tips agar opor ayam tak mudah basi di atas, Anda juga bisa menyimpan opor di dalam kulkas, jika memang tidak ada yang memakannya lagi, B’timers. (NO)

Share This Article