Sedapnya Berbuka dengan Takjil Ala Timur Tengah | Breaktime
Sedapnya Berbuka dengan 5 Takjil Ala Timur Tengah
22.06.2015

Rasanya bosan ya B’timers, berbuka puasa dengan menu yang itu-itu saja. Nah, Breaktime punya 5 hidangan takjil favorit dari ala Timur Tengah yang bisa memberikan suasana berbeda pada momen buka puasa Anda:

Tamr

Tamr, kurma isi keju susu kambing
Tamr, kurma isi keju susu kambing

Makan kurma saat berbuka tentu sudah biasa. Tapi, bagaimana kalau ada berbagai isian lezat di dalam kurma seperti kacang-kacangan dan juga keju susu kambing? Ya, hidangan khas Timur Tengah yang satu ini menawarkan manisnya kurma yang dipadu dengan gurihnya kacang-kacangan dan juga keju. Yummy!

Bastani

Es krim segar dengan rasa eksotis
Es krim segar dengan rasa eksotis

Bastani merupakan es krim khas Persia yang terbuat dari telur, gula, air mawar, vanila, pistachio, dan juga susu. Pada masa kekaisaran Persia, hidangan takjil dibuat dengan bahan dasar madu dan kemudian di bekukan di dalam salju.

Turkish delight

Permen khas Turki, Turkish Delight
Permen khas Turki, Turkish Delight

Berbahan dasar pati dan gula, permen khas Turki ini menjadi salah satu hidangan takjil favorit di negara asalnya. Dahulunya, Turkish delight dihidangkan dengan madu dan sirup. Namun sekarang ini Turkish delight lebih banyak menggunakan powder sugar sebagai taburannya. Rasanya yang manis, warnanya yang beragam, serta aromanya yang menggugah selera membuat permen satu ini wajib ada saat berbuka.

Qatayef

Pangsit goreng ala Timur Tengah
Pangsit goreng ala Timur Tengah

Qatayef merupakan kudapan sejenis pangsit manis yang diisi dengan berbagai macam bahan, seperti keju tawar, kacang-kacangan, dan juga kurma. Saat menyantapnya, qatayef disiram dengan madu atau sirup, bisa juga ditaburi dengan gula bubuk.

Baklava

Kue renyah dengan paduan rasa manis dan gurih
Kue renyah dengan paduan rasa manis dan gurih

Memiliki rasa gurih, manis, dan crunchy, membuat baklava menjadi salah satu kudapan yang ditunggu-tunggu di bulan Ramadan. Terbuat dari lapisan phyllo, kacang cincang, dan disiram dengan sirup manis serta madu, jajanan ini pas sekali dijadikan hidangan berbuka puasa.

Tak perlu jauh-jauh pergi ke negara-negara Timur Tengah untuk mencicipi aneka kudapan tersebut, B’timers. Di Indonesia juga sudah banyak kok, tempat dan restoran yang menjajakan menu berbuka dari berbagai negara. Yuk, berburu aneka hidangan takjil tersebut sambil menunggu beduk!

Share This Article