Secangkir Nirwana dalam Aroma Kopi Santan Blora | Breaktime
Secangkir Nirwana dalam Aroma Kopi Santan Blora
09.04.2018

Saat ini kopi sudah mejadi kebutuhan ke-2 untuk warga Jakarta. Di seluruh pojok kota Jakarta pun nggak susah untuk menemukan sebuah kedai kopi baik yang hits maupun yang biasa aja. Nah, sekarang Breaktime bakal kasih informasi salah satu sajian kopi yang terkenal sampai ke antero Indonesia. Kopi ini disajikan agak unik, namanya Kopi Santan Blora. Berasal dari sebuah daerah di Jawa Tengah yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan, tapi rasa kopi ini cukup mendunia.


Kedai kopi santan (image-minumkopi.com)

Semua ini berawal dari proses pembuatan khotok yang sederhana, yang akhirnya ikut merubah definisi rasa kopi aslinya. Kreativitas pembuatnya pun mulai bermunculan untuk menimbulkan rasa unik dan otentik dari setiap kedai kopi yang ada di sana pada waktu itu. Ada yang menambahkan potongan kelapa pada saat menyangrai dan ada pula yang menambahkan daun salam seperti yang dilakukan Mak War pada kopinya yang akhirnya membuatnya menemuka rasa baru.

Sepertinya konsumen kopi di sana tidak bisa dijerat hanya bermodalkan wifi dan penjual yang berparas cantik/tampan, maka beberapa dari mereka mengganti gula pasir ke gula aren. Beberapa dari mereka bahkan melakukan eksperimen dengan garam dan sereh, namun tetap tidak bisa mendatangkan rasa yang nikmat.

Sampai akhirnya ibu dari ibu Rukmini terpikirkan ide gila untuk mencampur kopinya dengan santan. Dan ternyata hal tersebut mendatangkan banyak konsumen yang sering membanjiri warung kopi kecilnya. Walaupun kedainya terletak di tengah kampung, warung ini tetap menjadi destinasi wisata kopi daerah Blora. Santan yang diperas oleh ibu Rukmini, sang pemilik kedai, dicampur dengan kopi yang juga disangrainya sendiri dan ditambahkan gula, kemudian diaduk sampai mengental. Aroma gurih pun akan tercium dari gelas yang disajikan dan tidak seperti bau kopi pada umumnya. Tapi jangan ragu untuk meminumnnya. Paduan kopi robusta dan santan serta gula aren menjadi senjata utama kopi tersebut. Cita rasa seperti itu tidak bisa ditemukan di kedai kopi manapun di seantero negeri.


Ibu Rukmini Pembuat Kopi Santan (image-minumkopi.com)

Untuk kamu yang penasaran mungkin bisa mengunjungi kedai kopi milik ibu Rukmini yang terletak di Cepu, Blora, Jawa Tengah. Sambil menyelam minum air, sambil traveling sekalian cobain Kopi Santan Blora.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE