Sebenarnya, Ini Cara Tepat untuk Merebus Telur | Breaktime
Sebenarnya, Ini Cara Tepat untuk Merebus Telur
17.03.2016

Telur, baik digoreng maupun direbus, selalu dapat menjadi tambahan topping yang lezat di setiap kudapan, atau olahan berbagai masakan. Apalagi irisan telur rebus dalam mie kuah membuat kuahnya menjadi lebih kental dengan campuran kuning telur yang meleleh lembut. Pembuatan telur rebus yang mudah pun menjadi solusi camilan tinggi protein bagi B’timers kapan saja. Tapi, tahukah Anda tentang cara tepat merebus telur berikut?

Air dingin atau air mendidih?

Beberapa dari B’timers pasti mengalami perdebatan sengit antara merebus telur langsung dengan air dingin atau membiarkan air mendidih terlebih dahulu. Fakta menariknya, memasukkan telur setelah air mendidih dan membiarkannya matang justru membuat cangkang telur dikupas dengan lebih mudah.

Sebenarnya, Ini Cara Tepat untuk Merebus Telur | Breaktime
Masukkan telur setelah air dalam panci mendidih, ya!

Air mendidih akan membuat telur Anda berontak dan menyebabkan sedikit retakan di cangkang telur. Retakan tersebut membuat air es untuk mendinginkan telur sedikit masuk ke dalam cangkang dan memisahkan daging telur dengan cangkangnya lebih baik.

Waktu perebusan telur

Anda belum menjadi seorang expert jika belum memahami cara tepat merebus telur jika tidak mengetahui waktu yang tepat merebus telur. Sebagian dari B’timers ada yang menyukai telur yang well-done, ada pula yang memilih telur setengah matang untuk disajikan dalam makanan. Dengan panduan waktu perebusan berikut ini, B’timers akan lebih tepat mendapatkan konsistensi telur yang Anda inginkan.

  • 4 menit : Putih telur dan kuning telur sama-sama masih setengah basah
  • 5 menit : Putih mengeras, namun kuning telur masih basah
  • 6 menit : Telur setengah matang dengan kuning telur yang masih lengket
  • 8 menit : Kuning telur sudah mengeras namun masih menyisakan warna kuning dan lengket
  • 10 menit : Kuning telur lebih pucat namun masih menyisakan tekstur lembut di bagian tengah
  • 12 menit : 85 persen menuju matang sempurna dan masih menyisakan tekstur lembut di bagian tengah
  • 14 menit : Telur matang sempurna dengan kuning telur pucat dan kering
Sebenarnya, Ini Cara Tepat untuk Merebus Telur | Breaktime
Hasil perebusan selama 10 menit yang masih lembut di bagian tengah

Pastikan memasukkan telur setelah air dalam panci benar-benar mendidih. B’timers juga harus segera merendam telur rebus setelah diangkat ke dalam air dingin agar telur mudah dikupas dan dapat segera disajikan.

Wah, ternyata cara tepat merebus telur tidak semudah yang Anda bayangkan, ya? Sedikit tricky dan layak untuk dicoba demi menikmati kelezatan maksimal dari telur rebus buatan Anda. Dimakan langsung maupun dijadikan teman makan kudapan lainnya, telur rebus kesukaan Anda akan selalu dapat menjadi asupan protein yang sedap. Selamat mencoba, B’timers! (ft)

Share This Article