Santap 3 Makanan Ini, Otak Jadi Lebih Cerdas
Santap 3 Makanan Ini, Otak Jadi Lebih Cerdas
26.05.2015

Siapa bilang hanya belajar saja yang bisa membuat otak lebih cerdas? Ternyata, makanan juga dapat menjadi substrat untuk mem-boosting sistem kognitif otak. Menurut Bethany Thayer, seorang nutritionist dan juga juru bicara American Dietetic Association, nutrisi dan sari makanan yang dikonsumsi sehari-hari pertama kali diserap pada bagian otak dan kemudian disebarkan ke seluruh tubuh. 

Tidak hanya berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh saja, nutrisi makanan juga bisa meningkatkan memori dan kemampuan berpikir. Nih, Breaktime bagikan daftar makanan yang dapat meningkatkan kerja fungsi otak:

Kari ayam

Kandungan curcumin dalam kari bisa menstimulasi sel-sel baru di dalam otak
Kandungan curcumin dalam kari bisa menstimulasi sel-sel baru di dalam otak

Rasa gurih dari ayam dan juga berbagai bumbu rempah yang diracik jadi satu, membuat kari banyak digemari tak hanya di negara-negara Asia tapi juga di seluruh dunia. Nah, kandungan kunyit yang ada di dalam kari inilah yang dapat menghambat dan mencegah terjadinya kerusakan pada sistem kognitif dalam tubuh. Selain itu, kandungan di dalam kunyit juga bisa meningkatkan memori dan juga menstimulasi pertumbuhan sel-sel baru di dalam otak. 

Kepiting saus tiram

Kepiting saus tiram mengandung phenylalanine yang mencegah penyakit parkinson
Kepiting saus tiram mengandung phenylalanine yang mencegah penyakit parkinson

Citarasa gurih saus tiram dan tekstur daging kepiting yang lembut sangat dicintai para penikmatnya. Selain itu, dalam satu piring kepiting saus tiram, terdapat kandungan phenylalanine yang bisa meningkatkan produksi neurotransmitter dopamine dan juga thyroid. Kedua zat ini dapat membantu mencegah penyakit parkinson yang disebabkan adanya degeneratif pada otak bagian tengah.

Chickpeas panggang 

Kudapan sehat peningkat kemampuan otak
Kudapan sehat peningkat kemampuan otak

Tak berbeda jauh dari jenis kacang lainnya, chickpeas memiliki rasa gurih yang bikin ketagihan. Chickpeas sendiri merupakan salah satu bahan makanan yang sangat kaya kandungan magnesiumnya selain rumput laut dan juga sayuran hijau. Magnesium sangat berguna sebagai reseptor sel otak dalam mempercepat pengiriman  informasi ataupun pesan yang juga dapat membuat aliran darah ke otak menjadi lebih lancar. 

Adakah di antara menu tersebut yang jadi favorit B’timers? Meski memiliki manfaat untuk otak, jangan lupa tetap perhatikan porsi konsumsinya dan imbangi dengan sayur serta buah, ya!

Share This Article