Ini Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang | Breaktime
Sama-Sama dari Minang, Ini Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang
25.07.2015

Sama-sama berasal dari Sumatera Barat, banyak orang sulit membedakan antara nasi Padang dan nasi Kapau. Nah, coba kita cermati satu-satu ya, perbedaan 2 menu yang sama-sama lezat ini!

Nasi Kapau

Ini Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang Dari Pinang
Nasi Kapau memiliki warna kuah yang dominan kuning

Hal yang paling mudah dikenali dari nasi Kapau adalah warna kuahnya yang kuning karena diolah dengan campuran santan dan kunyit.  Menu yang biasanya disajikan dengan nasi Kapau adalah gulai sayur nangka, gulai urat kaki kerbau atau sapi, serta gulai bebek. Berbeda dengan nasi Padang, lauk yang terdapat di nasi Kapau umumnya diolah dengan cara dibakar terlebih dahulu. Mulai dari ayam, ikan, hingga kikil, diolah dengan cara dibakar.

Baca Juga : RESEP SPESIAL NASI BAKAR TERI KHAS MEDAN YANG GURIH DAN NIKMAT

Nasi Padang

Kuah nasi Padang berwarna cokelat kemerah-merahan
Kuah nasi Padang berwarna cokelat kemerah-merahan

Tidak seperti nasi Kapau yang menjadikan gulai nangka sebagai lauk khasnya, daun singkong merupakan pendamping yang tak pernah absen di nasi Padang. Selain itu, kuah gulai yang terdapat di nasi Padang juga berwarna lebih gelap, umumnya cokelat kemerahan.
Di dalam nasi Padang, rendang merupakan salah satu menu yang wajib ada. Namun di nasi Kapau, rendang hanya dijadikan menu tambahan yang biasanya disajikan dalam potongan-potongan kecil berbentuk dadu.

Meski terdapat beberapa perbedaan antara nasi Padang dan nasi Kapau, namun secara umum kedua kuliner ini sama-sama memiliki rasa berempah yang berpadu dengan gurihnya santan. Hmm, jadi lapar ya, B’timers!

Share This Article