Rasa Gurih, Apa Beda Nasi Uduk dan Nasi Liwet? | Breaktime
Sama-Sama Bercita Rasa Gurih, Apa Beda Nasi Uduk dan Nasi Liwet?
14.10.2015

Pernah membandingkan rasa nasi uduk dan nasi liwet? Sama-sama gurihnya, bukan? Lantas apa bedanya, ya? Penggemar fanatik nasi uduk maupun nasi liwet pasti tahu beda kedua olahan nasi asli Indonesia ini. Berikut ulasan singkatnya:

Asal

Nasi uduk merupakan olahan nasi yang berasal dari Betawi. Biasanya nasi uduk dijadikan sebagai menu sarapan dan makan malam. Sedangkan nasi liwet berasal dari daerah Solo. Nasi liwet sendiri merupakan salah satu menu yang hadir dalam pernikahan putra Presiden Jokowi.

Bercita Rasa Gurih, Apa Beda Nasi Uduk dan Nasi Liwet? | Breaktime
Nasi uduk banyak disajikan bersama lalapan sambal atau sate

Pembuatan

Untuk membuat nasi uduk, Anda harus menyiapkan air santan dari parutan kelapa, sereh yang dimemarkan, daun salam, merica utuh, dan garam. Caranya pun cukup mudah, Anda cukup mendidihkan santan bersama sereh, daun salam dan merica. Selanjutnya Anda tinggal menambahkan beras dan garam hingga air santan meresap ke nasi. Kemudian, kukus nasi hingga matang dan nasi uduk siap disajikan.

Sedangkan untuk membuat nasi liwet Anda tak memerlukan air santan, tapi cukup air biasa. Bahan yang Anda butuhkan antara lain adalah bawang putih goreng, sereh, daun salam, gulam, garam, dan ikan asin. Cara memasaknya pun hampir sama dengan memasak nasi menggunakan air dan bumbu-bumbu, kemudian mengukusnya hingga matang. Tapi, sebelum matang, letakkan ikan asin diatas nasi untuk menciptakan rasa nasi liwet yang khas.

Bercita Rasa Gurih, Apa Beda Nasi Uduk dan Nasi Liwet? | Breaktime
Areh, menjadi ciri khas nadi liwet

Penyajian

Saat ini, nasi uduk yang gurih banyak disajikan ditemani lalapan sambal tomat. Namun, penyajian aslinya adalah dengan ditemani emping goreng, tahu goreng, telur dadar uang diiris tipis, abon, kering tempe bawang goreng, ayam gorang, mentimun dan sambal kacang.

Sedangkan nasi liwet biasanya disajikan dalam sebuah pincuk atau piring beralaskan daun pisang. Lauk yang menemani pun sebenarnya tak jauh berbeda, seperti suwiran ayam, ayam kampung goreng, sambal goreng, telur ayam pindang, dan krupuk rambak, yang membuatnya berbeda adalah areh, yakni bumbu yang dibuat dari santan kental yang bercita rasa gurih dan asin.

B’timers yang belum pernah mencicipi kedua nasi gurih ini, wajib mencobanya ya! Dijamin deh, sekali coba pasti ketagihan dengan cita rasa gurihnya yang pas di lidah. 

Share This Article