Salad Khas Indonesia yang Lezat, Gado-gado | Breaktime
Salad Khas Indonesia dengan Siraman Saus Kacang, Gado-gado
11.06.2015

Sekilas, gado-gado bisa dibilang serupa dengan lotek ataupun pecel yang menggunakan saus kacang sebagai bahan siramannya. Meskipun tampilannya dibilang mirip namun rasanya dan isiannya sangat jauh berbeda. Kombinasi antara sayur, tahu, tempe, kentang, telur, taburan kerupuk serta siraman saus kacang akan menyatu dengan sempurna di dalam mulut.

Meskipun sudah ada kentang, namun kebiasaan orang Indonesia susah kenyang jika belum menyantap nasi, membuat gado-gado tak lengkap jika tidak dihidangkan dengan lontong ataupun juga nasi itu sendiri.

Untuk saus kacang yang digunakan, terdapat dua versi pembuatan yang banyak dilakukan para penjual. Yang pertama adalah dengan mengolahnya secara langsung menggunakan cobek dan ulekan. Cita rasa kacang yang didapatkan sangat fresh karena baru diproses beberapa saat sebelum disajikan. Cara yang ke dua adalah saus kacang dibuat dengan blender dan disiman dalam sebuah wadah sehingga tinggal disiramkan di atas campuran gado-gado saat akan menyantapnya. 

Salad Khas Indonesia yang Lezat, Gado-gado | Breaktime
Bahan-bahan pembuat gado-gado

Menilik sejarah ditemukannya gado-gado, tidak ada yang tahu secara pasti asal muasal sajian lezat satu ini. Hal itu juga berbanding lurus dengan tidak ditemukannya kata ‘gado-gado’ dalam kamus bahasa Indonesia. Namun istilah gado-gado digunakan untuk mengungkapkan segala sesuatu yang dicampur. Bahkan kata ini sendiri digunakan untuk beberapa istilah baru yang bisa dibilang unik, contohnya saja ‘pernikahan gado-gado’ atau juga bisa ‘bahasa gado-gado’.

Meskipun asal usul dari gado-gado masih belum jelas ataupun simpang siur, hidangan khas Indonesia ini sudah menjadi salah satu makanan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke tanah air. Nah, apakah B’timer juga termasuk penggemar gado-gado?

Share This Article