Sajian Lezat Khas Nusantara Saat Idul Adha | Breaktime
Sajian Lezat Khas Nusantara Saat Idul Adha
12.09.2016

Hari Raya Idul Adha sangat identik dengan masakan olahan daging. Anda mungkin akan merasakan menu makanan olahan daging selama beberapa hari. Hingga Anda pun merasa bosan. Jika Anda ingin menu olahan daging sapi maupun daging kambing yang berbeda setiap harinya, Anda bisa melihat resep-resep di internet. Seperti berikut ini merupakan inspirasi menu Nusantara yang bisa Anda masak saat Idul Adha.

Kari Kambing

Kari Kambing merupakan masakan khas Aceh yang selalu ada saat Idul Adha. Bahan utamanya tentu saja daging kambing yang dimasak dengan bumbu dan rempah-rempah yang beraneka ragam.

Rendang

Masakan khas Sumatera Barat ini juga sering menjadi inspirasi ibu-ibu untuk mengolah daging kurban. Cita rasanya yang pedas menjadi favorit hampir di seluruh Indonesia. Selain itu, rendang sendiri pernah dinobatkan sebagai masakan terlezat di dunia versi CNN.

Rabeg

Rabeg adalah masakan olahan kambing khas Banten. Yang membuatnya unik adalah bukan daging kambing yang menjadi bahan dasar, melainkan jeroan atau isi perut kambing yang dimasak dengan bumbu.

Sajian Lezat Khas Nusantara Saat Idul Adha | Breaktime
Empal Gentong, salah satu menu masakan olahan kambing khas Cirebon

Sate Maranggi

Sate adalah menu olahan daging yang paling mudah. Namun pernahkah Anda membuat sate Maranggi yang merupakan kuliner khas Madura ini? Jika belum, Anda bisa mencobanya nanti.

Balanga

Masakan khas Gorontalo ini merupakan adaptasi dari kuliner khas Arab. Anda bisa membuat kambing bakar balanga ini dengan mudah dan paling cocok disantap dengan nasi kebuli.

Empal Gentong

Makanan yang satu ini merupakan kuliner khas Cirebon. Masakan ini lebih mirip gulai, yang membedakan adalah cara memasaknya yang menggunakan kayu bakar dari pohon mangga dan diletakkan dalam periuk yang terbuat dari tanah liat.

Share This Article