Waspadai Bakteri Listeria dalam Frozen Food! | Breaktime
Saatnya Waspadai Bakteri Listeria dalam Frozen Food
07.05.2016

B’timers pasti sering memanfaatkan frozen food untuk menyajikan masakan dengan cepat. Anda juga tidak perlu takut bahan makanan cepat basi karena bekunya tidak membuat bakteri cepat berkembang. Benar-benar pilihan praktis untuk menyajikan makanan bagi Anda yang memiliki jadwal super padat setiap harinya.

Waspadai Bakteri Listeria dalam Frozen Food! | Breaktime
Cara praktis makan sayur tanpa takut cepat busuk

Sayangnya, pada hari Selasa lalu (3/5), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat mengumumkan penyakit mematikan akibat bakteri Listeria monocytogenes. Bakteri ini sering ditemukan pada sayuran dan buah-buahan beku. Lebih dari 350 produk frozen food, seperti kacang polong, brokoli, dan blueberry, ditarik dari peredaran makanan. Sebenarnya ada apa di balik bakteri Listeria ini, ya? B’timers simak dulu penjelasan seputar bakteri Listeria ini, yuk!

Bakteri mematikan

B’timers mungkin berpikir kenapa bakteri ini sampai membuat badan pangan Amerika Serikat kebakaran jenggot. Pasalnya, bakteri Listeria ini adalah pathogen paling mematikan dalam makanan. Bahkan bakteri ini bisa membunuh 1 dari 5 orang sehat yang mengonsumsi makanan yang mengandung Listeria ini.

Listeria telah banyak memakan korban. Dampaknya akan lebih cepat dan mematikan bila dikonsumsi oleh orang yang memiliki daya imun rendah. Lansia, wanita hamil, bayi, hingga pasien sakit sangat rawan terhadap penyebaran Listeria jika tidak diwaspadai dengan benar.

Waspadai Bakteri Listeria dalam Frozen Food! | Breaktime
Listeria dalam frozen food ternyata mematikan, lho!

Bakteri sulit musnah

Selain sebagai sumber penyakit mematikan yang patut B’timers waspadai, ternyata Listeria dapat ditemukan dimana saja, lho! Menurut Michael Doyle, professor mikrobiologi pangan di Universitas Georgia, mengatakan bahwa Listeria akan menetap pada sebuah objek seperti buah dan sayur kemudian mengembangkan diri selama bertahun-tahun.

Parahnya, Listeria tidak hanya ditemukan pada frozen food saja, namun juga pada daging siap makan dan keju lunak. Listeria juga sempat memakan 10 korban sakit dengan penyebarannya melalui es krim, Blue Bell Creamies. Listeria sudah populer dengan daya tahannya untuk berkembang biak dalam suhu dingin.

Waspadai Bakteri Listeria dalam Frozen Food! | Breaktime
Saking tahan dinginnya, Listeria bisa tumbuh dalam es krim

Waspada terhadap makanan yang B’timers konsumsi tentunya sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda sekeluarga. Bila Anda dan keluarga merasakan demam, leher kaku, pusing, dan kehilangan keseimbangan setelah mengonsumsi suatu makanan, apalagi frozen food, segeralah mengunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Beberapa kasus mungkin membutuhkan waktu 2 bulan untuk muncul gejalanya, namun ada pula dalam hitungan hari. Tetap waspada dan semoga membantu! (ft)

Share This Article