Roti Gandum atau Oatmeal yang Lebih Baik, ya? | Breaktime
Roti Gandum atau Oatmeal yang Lebih Baik, ya?
02.06.2016

Mana yang paling sering Anda konsumsi untuk sarapan, B’timers? Well, tubuh Anda tetap perlu asupan karbohidrat untuk energi, bahkan ketika dalam program diet sekalipun. Caranya adalah dengan memilih sumber karbohidrat yang sesuai. Dan oatmeal serta roti gandum adaah pilihan terbaik jika dibandingkan dengan roti putih. Namun, mana yang lebih baik antara roti gandum dengan oatmeal, ya?

Roti Gandum atau Oatmeal yang Lebih Baik, ya? | Breaktime
Gandum harus melalui banyak proses untuk bisa dikonsumsi

Kalori dalam roti gandum dan oatmeal

Banyak yang menganggap gandum masih jauh lebih baik dari oats, Padahal tidak demikian. Dalam satu porsi, berisi 100 gram oatmeal dengan susu atau air mengandung 124 kalori. Sementara sepotong roti gandum hanya mengandung sekitar 81 kalori saja. Dan untuk roti putih, sepotongnya mengandung 74 kalori. Itu jika Anda hanya mengonsumsi satu iris roti, lho.

Sebenarnya oatmeal dan gandum berasal dari family yang sama, yaitu serelia, B’timers. Bedanya adalah oat bisa dimakan langsung, sementara gandum tidak. Jadi untuk bisa dikonsumsi, gandum harus diolah terlebih dahulu menjadi tepung. Dan tepung pun harus diproses lagi menjadi roti atau kue agar Anda bisa mengonsumsinya, B’timers.

Serat dalam roti gandum dan oatmeal

Makanan tinggi serat dapat membantu menurunkan berat badan karena Anda dapat tahan lapar lebih lama, B’timers. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi, dapat membuat tubuh menyerap lebih sedikit kalori dari lemak, protein dan karbohidrat. Menurut Elia Indrianingsih, Dokter Spesialis Gizi Klinik Bunda Heart Centre, kandungan gizi oatmeal lebih tinggi dibanding roti gandum.

Dalam setiap 100 gram oat, terkandung serat larut sebanyak 5,1 gram dan protein sebanyak 16 gram. Sedangkan gandum hanya memiliki 2,2 gram serat larut dengan 13,7 gram protein. Dan beras sebagai makanan pokok bahkan memiliki kandungan gizi yang jauh di bawah kedua makanan tersebut, yaitu 0,1 gram serat larut dan 6,6 gram protein.

Roti Gandum atau Oatmeal yang Lebih Baik, ya? | Breaktime
Sementara oatmeal sudah tinggal santap, B’timers

Jadi, mana yang lebih baik antara roti gandum dan oatmeal?

Kandungan serat larut dalam oatmeal terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol, salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Mengapa? Karena oatmeal bekerja seperti sebuah sponge pencuci piring, yang dapat membersihkan kolesterol dalam tubuh. Namun untuk mendapatkan gizi yang cukup, tentu harus diimbangi dengan makanan sehat lainnya, ya, B’timers? (NO)

Share This Article