Rekomendasi Makanan untuk Ibu Hamil Trimester 3 | Breaktime
Rekomendasi Makanan untuk Ibu Hamil Trimester 3
13.10.2017

Kehamilan merupakan momen yang istimewa bagi wanita manapun. Masa yang berlangsung selama kurang-lebih 40 minggu ini menjadi momen haru sekaligus mendebarkan bagi B’timers karena ada seorang calon manusia yang menggantungkan hidupnya pada Anda. Tentunya, trimester ketiga menjadi klimaks kehamilan Anda karena calon jabang bayi yang tak lama lagi segera hadir di pelukan Anda. Namun tahukah Anda bahwa wanita hamil tua memiliki diet khusus yang terdiri dari makanan untuk ibu hamil yang penting bagi kesehatan janin Anda?

Kehamilan trimester ketiga yang berlangsung dari minggu 28 hingga 40 merupakan salah satu momen terberat secara fisik maupun emosional bagi ibu hamil. Asupan gizi yang tepat bisa meningkatkan kualitas kesehatan bagi Anda yang janin sekaligus menurunkan kecemasan yang Anda rasakan menjelang melahirkan. Diet yang tepat juga akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan bayi Anda untuk mempersiapkan kelahiran yang sehat. Dalam trimester ketiga, ibu hamil sangat membutuhkan tambahan asupan kalori hingga 200 kalori per hari. Kebutuhan asam folat dan vitamin Anda juga akan sedikit meningkat, terutama vitamin D dan C.

Dalam menu sarapan, Moms sebaiknya tidak melewatkan aneka jenis sayuran berwarna hijau gelap dan biji-bijian utuh. B’timers yang lebih suka saran dengan sereal harus selalu membaca label sereal sarapan yang Anda makan untuk memastikan kandungan vitamin dan mineral tambahan. Asupan vitamin d dapat Anda peroleh lagi telur dan sereal. Aneka buah seperti jeruk, stroberi, atau blueberry dapat menjadi alternatif asupan vitamin C bagi kehamilan di trimester ketiga. Sebaliknya, hati ayam tak perlu disertakan dalam daftar makanan untuk ibu hamil karena mengandung vitamin A tingkat tinggi yang justru bisa menjadi racun bagi bayi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Geliat Casu Marzu, Keju Itali Berbahan Belatung

Makanan lainnya yang tak kalah sehat bagi hamil tua ialah yogurt yang dapat berfungsi menangani permasalahan pencernaan seperti sembelit. Sembelit terutama sering terjadi di minggu-minggu terakhir kehamilan karena perut Anda kian tertekan oleh janin yang semakin membesar sehingga mengganggu proses pencernaan makanan. Buah papaya juga berkhasiat membantu melancarkan buang air besar karena tingginya kandungan serat. Buah papaya juga menyimpan manfaat lain untuk menghindarkan sensasi heartburn dan memperlancar ASI begitu melahirkan. Tentunya Anda tak disarankan mengkonsumsi papaya mentah karena getahnya mengandung enzim pepsin yang dapat mempercepat proses kontraksi. 

Rekomendasi Makanan untuk Ibu Hamil Trimester 3 | Breaktime
Tak sekedar bergizi, ada nutrisi tertentu yang perlu dipenuhi asupan makanan kala hamil tua

Terdapat beberapa jenis makanan untuk ibu hamil yang berfungsi mengurangi rasa sakit dank ram yang sering dialami di usia kehamilan tua. Sebut saja yogurt yang memiliki kandungan kalsium tinggi untuk mengurangi rasa sakit pada punggung ibu hamil. Buah papaya juga kaya akan kandungan vitamin yang berfungsi meredam rasa sakit. Buah pisang juga terbukti dapat mengurangi kram serta gejala kaki bengkak pada kehamilan trimester ketiga karena kandungan potassium yang tinggi. berbagai ketidaknyamanan lainnya yang Moms rasakan selama hamil tua juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi aneka jenis kacang-kacangan. Jenis kacang seperti almond dan mede juga terbukti dapat meningkatkan kualitas kesehatan jantung pada ibu hamil.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Berani Coba Es Krim Rasa Paling Nyeleneh Ini?

Jenis kacang lainnya seperti kacang polong merupakan pilihan yang tepat intuk mendapatkan asupan zat besi dan asam folat untuk menghindari terjadinya kecacatan pada bayi. B’timers juga disarankan mengganti konsumsi beras putih dengan beras merah untuk memberikan asupan kalori yang cukup agar tak mudah lapar. Beras merah juga memiliki kandungan vitamin B yang tinggi untuk membantu perkembangan syaraf dan pembentukan sel darah merah. Tak lupa, konsumsi air putih secukupnya untuk membantu memperlancar proses kelahiran.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Vegan, Pernah Coba Buat Sambal Sehat Ini?

Semoga kehamilan Anda di trimester ketiga senantiasa sehat dan lancar hingga persalinan ya, Moms! (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE