Rayakan Halloween Lewat Makanan Unik Dunia | Breaktime
Rayakan Halloween Lewat Makanan Unik Dunia
29.10.2017

Menjelang akhir Oktober, gegap-gempita perayaan Halloween mulai terasa di seluruh penjuru dunia. Indonesia dan berbagai negara lainnya yang tak memiliki tradisi Halloween mengenal festival yang biasa dirayakan pada 31 Oktober tersebut sebagai pesta kostum dan kegiatan trick-or-treat lewat media Barat. Rupanya, beberapa negara di dunia memiliki tradisi Halloween mereka masing-masing. Tak hanya merayakan lewat aneka permen dan kostum seram, negara-negara berikut ini merayakan Halloween dengan aneka hidangan khusus nan unik.  

Di Ekuador, perayaan Halloween secara tradisional dirayakan sebagai bagian dari perayaan Day of the Day ala Amerika Selatan. Makanan yang biasa disajikan ialah guangua de pan atau bread babies. Makanan unik berupa sweet rolls yang dibentuk dan dihias menyerupai anak-anak hingga bayi. Kudapan tersebut biasanya dibuat dari tepung gandum dan diisi jeli manis untuk kemudian saling ditukarkan sebagai hadiah secara seremonial antar kawan maupun kerabat.

Di Inggris, orang-orang akan merayakan Halloween dengan mengkonsumsi soul cake, yakni kudapan berupa cake bulat dengan citarasa manis yang biasa saling diberikan kepada sesama selama perayaan All Saints Day maupun All Souls Day. Tradisi yang telah dirayakan sejak Abad Pertengahan tersebut menjadi cikal-bakal trick-or-treat di zaman modern. Soul cake biasanya dibuat dengan menggunakan kismis dan rempah seperti allspice, pala, kayu manis, dan jahe.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menu Makan Sehat saat Sarapan dari Seluruh Dunia

Fave dei morti menjadi kudapan wajib saat perayaan Halloween di Italia. Fave dei morti atau beans of the dead dan ossei dei morti atau bones of the dead merupakan cookie lembut berwarna putih, coklat, dan merah muda yang biasa dibuat dari kacang almond dan dilapisi dengan gula, serta biasa dibagikan untuk merayakan All Souls Day secara tradisional.  

Rayakan Halloween Lewat Makanan Unik Dunia | Breaktime
Pan de Muerto yang jadi makanan wajib untuk dimasak saat Halloween ala Meksiko

Namun sejatinya tidak ada negara di dunia yang merayakan kematian sama semeriah Meksiko. Perayaan Dia de los Muertos atau Day of the Dead di Meksiko sama sekali berbeda dengan stereotype Halloween pada umumnya. Berlangsung selama beberapa hari mulai dari 31 Oktober hingga 2 November, festival orang mati ala Meksiko tersebut menjadi ajang yang semarak dalam mengenang kisah hidup para leluhur maupun orang-orang terkasih yang telah tiada. Hari-hari tersebut lebih banyak dirayakan bersama keluarga dengan acara makan-makan, minum, tequila, dan menikmati musik tradisional mariachi. Di jalanan, orang-orang Meksiko mengadakan parade dengan mengenakan kostum kerangka dan membagikan permen berbentuk tengkorak.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Makanan Enak di Malang Ini Jadi Ciri Khas Malang

Di pemakaman, orang-orang Meksiko akan memakan kudapan khusus All Souls Day berupa pan de muerto atau bread of the dead sebagai bentuk penghormatan terhadap almarhum anggota keluarga dan leluhur. Roti manis nan lembut tersebut juga diletakkan di altar sebagai sesaji kepada roh leluhur dan anggota keluarga yang telah tiada, selain aneka buah, kacang, kalkun, soda, coklat panas, air, hingga tumpukan tortilla. Pan de muerto biasa dimasak dengan essence jeruk dan dibentuk menyerupai airmata, tulang-belulang, binatang, malaikat, atau bentuk menyeramkan lainnya. Uniknya, altar pemujaan bagi roh anak-anak akan mendapatkan sesaji berupa permen dan mainan, sedangkan roh orang dewasa akan mendapatkan rokok dan minuman keras mezcal.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bawang Merah vs Bawang Putih, Mana yang Terbaik?
Rayakan Halloween Lewat Makanan Unik Dunia | Breaktime
Barmbrack, kudapan Halloween wajib di Irlandia

Irlandia diklaim sebagai negara asal tradisi Halloween yang kini mendunia. Bermula dari ritual Celtic bertajuk Samhain atau Samhuinn yang telah dirayakan sejak ribuan tahun silam, Halloween di Irlandia hingga kini dirayakan dengan kembang api, aneka permainan, hingga makanan tradisional seperti barmbrack. Makanan tersebut ialah fruitcake khas Irlandia yang diisi dengan koin, kancing, cincin, dan benda-benda lain yang digunakan dalam kegiatan fortunetelling. Ketika seorang perempuan mendapatkan barbbrack berisi cincin, misalnya, dia diramalkan akan menikah pada Halloween selanjutnya, berbeda dengan koin yang diartikan sebagai kekayaan.

Apakah B’timers juga merayakan Halloween? Tradisi Halloween dari negara manakah yang paling ingin Anda rasakan kemeriahannya? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE