Rahasia Homemade Food Lezat dan Sehat | Breaktime
Rahasia Homemade Food Lezat dan Sehat
06.03.2015

B’timers pasti menginginkan sajian yang punya cita rasa tinggi serta baik untuk kesehatan, namun tetap mudah dan cepat untuk membuatnya. Here’s the good news for you. Breaktime memiliki rahasia memasak makanan sehat yang layak dicoba. Terapkanlah di dapur dan ciptakan resep masakan sehat milik Anda sendiri!

Memasak dengan lebih sedikit minyak

Tambahkan minyak sedikit saja pada masakan tumis atau sup. Memasak dengan menggunakan wajan atau panci yang dilapisi bahan anti lengket bisa djadikan alternative karena takkan membutuhkan banyak minyak.

Nikmati makanan yang “digoreng” renyah tanpa minyak

Cobalah teknik menggoreng dengan oven berikut ini: Masukkan ayam, ikan atau sayuran ke dalam susu, buttermilk atau telur. Kemudian balut dengan tepung bumbu atau tepung roti, lalu lapisi dengan canola atau olive oil. Tempatkan di atas baki panggang dan taruh dalam oven, kemudian masak dengan suhu 425° sampai 450°F. Dua potong ayam ‘goreng’ oven memiliki kalori sekitar 40 persen lebih rendah dibandingkan dua potong ayam goring biasa.

Sedapkan rasa masakan tanpa garam berlebih

USDA merekomendasikan batas konsumsi sodium kurang dari 2,300 mg (1 sendok the garam) per hari. Kurangi penggunaan garam dengan mencampurkan penyedap rasa bebas sodium seperti perasan lemon atau bawang merah dan bawang putih yang dicincang.

Ganti lemak jahat dengan lemak baik

Tentu B’timers menyukai rasa mentega yang gurih untuk makanan yang digoreng atau dipanggang. Tapi untuk menghindari lemak jenuh, sebisa mungkin gunakan canola atau olive oil sebagai pengganti mentega. Per sendoknya, mentega mengandung lemak jahat tujuh kali lebih banyak dibandingkan minyak. Gantikan setidaknya setengah dari penggunaan mentega Anda dengan minyak.

Lebih bersahabat dengan putih telur

Putih telur hanya mengandung 16 kalori dan 0 gram lemak, sedangkan kuning telur mengandung 54 kalori dan 5 gram lemak. Cobalah memakai 2 putih telur sebagai pengganti 1 butir telur dalam setiap masakan.

Tambahkan sayuran pada lauk yang berdaging

Untuk menjaga kelezatan olahan daging seperti meatloaf atau burger tanpa meningkatkan jumlah kalori yang ada di dalamnya, tambahkan sayuran yang dipotong dadu. Pilih sayur bertekstur keras seperti jamur atau wortel.

Dengan sedikit otak-atik dalam teknik memasak, B’timers sudah bisa menyulap homemade food menjadi menu diet yang menyehatkan. Selamat berkreasi!

Share This Article