Rahasia Empuk Daging Ayam dan Sapi untuk Dinner | Breaktime
Rahasia Empuknya Daging Ayam dan Sapi untuk Dinner Istimewa
04.12.2015

Anda masih berpikir ulang untuk menyiapkan menu berbahan daging bagi keluarga besar dalam jamuan akhir tahun nanti, B’timers? Memasak daging ayam dan sapi dalam jumlah besar memang cukup tricky. Salah-salah, daging bisa tak matang atau malah terlalu alot untuk disantap.

Tapi tenang, Breaktime punya cara jitu mengolah daging ayam dan sapi agar mencapai kematangan sempurna seperti berikut ini:

1. Daging dada ayam

Jenis olahan yang sangat sering dengan bahan dasar daging ayam adalah ayam goreng. Dan ketika Anda mencoba resep baru menggunakan dada ayam tanpa tulang, rasanya begitu alot hingga sulit dikunyah? Mungkin karena Anda berpikir semakin lama daging di atas kompor maka semakin empuk pula daging itu. Tapi tunggu dulu, karena hal tersebut salah besar, B’timers!

Mula-mula setelah dada ayam dicuci, Anda bisa langsung memberi bumbu sederhana. Cukup taburi dengan garam dan lada hitam saja. Namun sebelumnya Anda bisa memukul-mukul kedua sisi daging ayam dengan menggunakan bagian bawah botol atau gelas. Setelah itu panaskan panci berisi air secukupnya ditambahkan sedikit olive oil di atas api besar.

Nah, setelah minyak panas, Anda bisa memasukkan daging ayam tersebut selama 1 menit tanpa membolak balik daging. Ingat B’timers, hanya 1 menit! Setelah itu kecilkan api, tutup panci dan biarkan daging sampai matang selama 10 menit.

Untuk menyempurnakan sajian ini, Anda bisa menambahkan salad dan saus teriyaki.

Rahasia Empuk Daging Ayam dan Sapi untuk Dinner | Breaktime
Proses pengolahan menentukan kelezatan daging sapi

2. Daging sapi

Jika Anda menyimpan daging di dalam freezer, biarkan dulu daging tersebut dalam suhu ruangan sebelum Anda mengolahnya. Untuk bumbu yang diperlukan, sama halnya dengan menu  berbahan daging ayam, Anda cukup menyiapkan garam, lada hitam, dan minyak sayur. Panaskan dulu oven dengan temperatur rendah. Oleskan minyak sayur di setiap sisi daging, lalu taburkan garam serta lada hitam.

Panggang daging kira-kira 30 detik untuk setiap sisi. Baru Anda bisa memanggangnya selama 2 menit untuk mematangkannya.

Setelah mengetahui trik simpel di atas, tak khawatir lagi kan, dalam mengolah daging sapi dan ayam? Selamat mencoba!

Share This Article