Rahasia Belanja Makanan Italia di Amerika | Breaktime
Rahasia Belanja Makanan Italia di Amerika
05.11.2017

Pada masanya dulu, Italia pernah menjadi salah satu negara yang berjaya di jazirah Eropa hingga hampir ke seluruh dunia. Kemegahan arsitektur, sejarah peradaban yang penuh intrik, hingga panorama alam berupa lembah dan  hamparan perkebunan anggur yang memesona menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata Italia hingga kini. Bicara soal Italia tentunya tak boleh ketinggalan mengupas seluk-beluk dunia kuliner nan menggoda. Siapa sih yang tega menolak kelezatan gelato dan ratusan jenis pasta tradisional khas Italia? Belum lagi aneka jenis wine hingga keju.

Tak perlu jauh-jauh ke Emilia-Romagna yang merupakan ibukota khazanah kuliner asli Italia untuk menggoyang lidah dan mengisi perut Anda dengan aneka hidangan setempat. Manjakan diri Anda dengan berbagai olahan Parmigiano-Reggiano atau keju Parmesan, Prosciutto di Parma atau daging ham klasik ala Italia, hingga petualangan gastronomi Italia lainnya. Namun ketika Anda tinggal jauh di seberang benua, bisakah Anda mendapatkan citarasa kelezatan yang sama? Merupakan suatu tantangan tersendiri ketika B’timers menetap di Amerika Serikat dan tak mau ketinggalan aneka produk kuliner khas Italia sebagai santapan sehari-hari?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Aneka Kuliner Pontianak Terlalu Menggoda Iman

Denominazione di Origine Protetta atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Protected Designation of Origin merupakan lembaga perlindungan produk tradisional suatu negara yang menjamin berbagai barang produksi, meliputi produk olahan pertanian dan makanan yang identik dengan suatu kawasan tertentu di dunia akan diproduksi, diproses, dan dikemas langsung di daerah asalnya sebelum dipasarkan secara global. Menariknya, Italia juga memiliki lembaga nasional serupa yang bertujuan mempertahankan keaslian aneka wine, keju, maupun daging ham yang Anda temukan di Amerika Serikat memiliki citarasa yang sama persis dengan di negara asalnya.

Pecinta kuliner Italia dari dalam maupun luar negeri tentunya tak ingin melewatkan FICO Eataly World yang merupakan festival makanan Italia yang juga mendaku sebagai salah satu agri-food park terbesar di dunia. Berlokasi di Via Paolo Canali, Bologna, Italia, festival kuliner yang akan diselenggarakan pada pertengahan November 2017 tersebut tak hanya menggaungkan nama harum khazanah kuliner Italia di hadapan dunia maupun memanjakan para foodlovers, tapi juga memudahkan Anda dalam mengenali makanan berkualitas dan bersertifikasi, khususnya yang secara tradisional berasal dari Italia. Artinya, tanpa adanya label D.O.P. (Denominazione di Origine Protetta) dalam keju Parmesan yang Anda masak semalam, bisa jadi B’timers tak merasakan keistimewaan keju Parmesan asli Italia dalam masakan Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Dapatkan Kunci Kelezatan Kopi dari Ahli Rempah
Rahasia Belanja Makanan Italia di Amerika | Breaktime
Salah satu stan Eataly World di New York, Amerika Serikat

Sebastiano Sardo, marketing manager dari Eataly World supply chain membocorkan rahasia bahwa label D.O.P. sejatinya haruslah nampak jelas dalam kemasan hingga produk itu sendiri. Bayangkan betapa tinggi jaminan kualitas dan keaslian yang diberikan ketika B’timers dapat menjumpai label D.O.P. bahkan di permukaan irisan keju atau daging yang Anda beli di counter supermarket? Eataly World memastikan bahwa hingga 40 perusahaan pengolah produk pertanian dan peternakan di Italia telah mendapatkan edukasi mengenai labelling tersebut, dengan harapan bahwa konsumen akan benar-benar yakin akan keaslian produk kuliner Italia yang dikonsumsinya. Hal termudah yang bisa dilakukan konsumen saat berbelanja di supermarket ialah memastikan adanya label dan membacanya dengan teliti.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Masak dengan Slow Cooker ala Celebrity Chef

Ketika B’timers hendak membeli keju Parmesan asli Italia, misalnya, pastikan Anda menemukan logo “PARMIGIANO REGGIANO,” “D.O.P.,” dan “CONSORZIO DI TUTELA” dalam huruf kapital, label “Consorzio Formaggio Parmigiano-Reggiano”, nomor registrasi perusahaan, hingga tanggal produksi. Demikian pula dengan Aceto Balsamico Tradizionale di ModenaIt atau cuka balsamik asli Italia yang memiliki kekhasan tersendiri, sebut saja tingkat kekentalannya yang tersohor. Selain berbagai logo serupa yang harus ditemukan, Anda juga perlu waspada apabila cuka balsamic yang Anda beli justru bertekstur encer. 

Rahasia Belanja Makanan Italia di Amerika | Breaktime
Keju Mozzarella yang terbuat dari susu kerbau

Daging ham khas Italia yang bertajuk Prosciutto di Parma secara eksklusif hanya diproduksi di Provinsi Parma, Italia, sekitar 5 kilometer di sebelah selatan Via Emilia. Dihasilkan dari ternak babi jenis khusus Large White, Landrace, dan Duroc, daging ham Prosciutto di Parma yang otentik akan berlabel C.P.P. (Consorzio del Prosciutto di Parma) serta logo khusus “PARMA.” B’timers penggemar keju Mozarella tentunya wajib mencicipi kelezatan Mozzarella di Bufala Campana yang dibuat langsung dengan susu kerbau segar dan telah mendapat label D.O.P. kehormatan sejak tahun 1996.

Hal serupa juga berlaku pada aneka produk kuliner khas Italia lainnya yang dijual di Amerika Serikat hingga di seluruh dunia. Semoga berbagai produk otentik tersebut bisa segera dijumpai di Indonesia ya, B’timers, tentunya dengan harga yang sedikit mahal karena kualitas nomor wahid yang ditawarkan. (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE