Ragam Pisang: Mulai Pisang Apel - Pisang William | Breaktime
Ragam Pisang: Mulai Pisang Apel Hingga Pisang William
19.05.2016

Jika Anda cukup beruntung tinggal di iklim yang memungkinkan pisang untuk tumbuh, berbagai ragam pisang mungkin sudah tidak asing lagi, B’timers. Tapi apakah semua pisang memiliki kesamaan tekstur dan rasa manis? Nama dari jenis pisang berikut mungkin terdengar terlalu keren di telinga Anda, B’timers.

Apple bananas

Dengan rasanya yang sangat menis, membuat pisang jenis ini mendapatkan nama lain, permen pisang apel. Tumbuh di hutan tropis di Hawaii. Dagingnya kenyal dengan semburat sedikit warna merah muda. Manis dan tekstur buah yang lembut ini sangat cocok untuk camilan. Anda juga bisa menambahkannya dalam salad buah karena pisang apel tida mudah menjadi coklat seperti pisang lainnya, B’timers.

Cavendish bananas

Varietas pisang ini adalah paling umum. Bentuknya yang khas dengan warna kuning, sering menghias rak buah di supermarket. Tingkat kematangan pisang Cavendish terlihat dari warna kulitnya. Jika sedikit semu hijau, artinya masih sedikit mentah. Dan jika kulitnya mulai berwarna kecoklatan, daging buanya sudah sangat lembek. Pisang ini sempurna untuk dibuat menjadi smoothie atau roti pisang.

Ragam Pisang: Mulai Pisang Apel - Pisang William | Breaktime
Pisang yang sering Anda jumpai di supermarket

Lady finger bananas

Hiii! Namanya sedikit mengerikan, ya, B’timers? Pisang jari wanita! Ragam pisang yang satu ini masuk ke dalam jenis pisang mas. Ukurannya lebih kecil dan lebih manis dibandingkan dengan pisang yang lainnya. Karena rasanya yang manis, Anda bisa langsung menikmatinya begitu saja, B’timers. Dan pisang ini sangat disukai anak-anak, B’timers!

Williams bananas

Pisang Williams sebenarnya hampir sama dengan si raksasa Cavendish. Buahnya juga berukuran besar, lembut dan rasanya manis. Biasanya para petani memanen pisang ini ketika kulitnya masih berwarna  hijau. Seperti pisang lainnya, Anda bisa mempercepat proses pematangannya dengan cara menyimpannya dalam kantong kertas pada suhu kamar.

Ragam Pisang: Mulai Pisang Apel - Pisang William | Breaktime
Pisang susu atau pisang mini

Cooking bananas

Jenis pisang ini biasanya khusus untuk diolah atau dimasak, B’timers. Sama seperti kentang, pisang ini bisa dipanggang, dikukus atau digoreng. Bahkan dijadikan keripik! Hmm yum yum! Camilan dari pisang memang tidak pernah lekang oleh waktu, ya, B’timers. Ramah untuk Anda yang sedang dalam program diet, karena pisang lebih mengenyangkan. Dan dengan banyaknya ragam pisang yang tersedia di Indonesia, Anda tidak akan kesulitan mendapatkan buah manis ini, bukan, B’timers? (NO)

Share This Article