Ragam Masakan Lebaran Khas Daerah Nusantara | Breaktime
Ragam Masakan Lebaran Khas Daerah Nusantara
14.06.2017

Tidak terasa Idul Fitri sebentar lagi tiba ya, B’Timers. Sebuah momen yang selalu ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari yang suci ini dimanfaatkan untuk meminta maaf baik kepada keluarga maupun sahabat. Selain bermaaf-maafan, lebaran juga sebagai hari dimana masakan khas lebaran disajikan dan dinikmati. Meskipun bisa dimasak di lain hari, akan terasa berbeda jika dimasak pada hari lebaran, ya kan?

For your information¸masakan khas lebaran tidak itu-itu aja lho, B’Timers. Selama ini yang selalu terbesit di benak B’Timers kalau mendengar masakan khas lebaran paling tidak jauh-jauh dari opor ayam, rendang, lontong sayur, dan ketupat. Padahal, banyak sekali menu-menu khas Indonesia dari daerah lain yang bisa menjadi masakan khas lebaran. Apa saja ya, B’Timers? Yuk, simak yang berikut ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Yuk Simak Menu Makanan Sehat Sehari-Hari Ini

Mulai dari daratan Sumatera. Daerah ini terkenal sekali dengan masakannya yang kaya rempah dan pastinya menggugah lidah. Contohnya warung padang ada di mana-mana dan banyak yang datang untuk mencicipinya menunjukan kalau masakan dari daerah Sumatera memang lezat. By the way, kalau B’Timers mencari tahu lebih dalam lagi, masakan khas Sumatera tidak hanya makanan di warung Padang. Contohnya ada bebek gulai kurma dari Aceh. Sebenarnya resep ini tidak menggunakan bahan kurma sama sekali, tapi soal rasa jangan diragukan lagi. Selain itu ada masakan kuah labu yang juga berasal dari Aceh. Beda halnya dengan bebek gulai kurma, sayur kuah labu memakai labu sebagai bahan dasarnya. Juara deh pokoknya!

Selanjutnya beralih ke pulau Jawa. Jika masakan khas lebaran di pulau Sumatera didominasi oleh rempah-rempah yang kuat dan santan, beda lagi dengan masakan di daerah Jawa. Menunya beragam tergantung dari daerahnya. Di Jakarta ada soto betawi dan semur betawi, di Bogor ada doclang dan asinan bogor, sementara Jogja terkenal dengan gudeknya, dan Malang terkenal dengan bakso bakarnya. Variatif sekali kan, B’Timers?

Ragam Masakan Lebaran Khas Daerah Nusantara | Breaktime
sate kaya bumbu yang menggoda
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Kue-kue Kering Untuk Menyemarakkan Lebaran

Kemudian menyeberang ke Kalimantan. Di Banjarmasin, terkenal sekali dengan menu soto banjar. Berbeda dengan soto di daerah Jawa, soto banjar menggunakan banyak rempah dan kuahnya bewarna bening. Untuk isiannya ada sohun, lontong atau ketupat, suwiran daging ayam, perkedel, dan disajikan dengan garnish bawang goreng dan cacahan seledri. Adakah di antara B’Timers yang belum mencobanya. Jika belum, soto banjar bisa dimasukkan ke dalam bucket list untuk masakan khas lebaran.

Ragam Masakan Lebaran Khas Daerah Nusantara | Breaktime
segarnya kudapan kaya bumbu penggugah selera

Tidak jauh dar Kalimantan ada pulau Makassar. Pernah dengar soto makasar ? Nah, sesuai namanya, masakan tersebut asalnya dari Makassar. Kuah beserta isiannya disajikan di mangkuk kecil dengan porsi yang pas. Untuk isiannya, B’Timers bisa memilih antara daging atau organ dalam sapi. Rasanya gurih tapi tidak bikin eneg. Apalagi jika dimakan bersama ketupat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hindari Kebiasaan Buruk Millenials Ketika Makan!

Selain itu, ada juga burasa. Hampir mirip dengan ketupat. Tapi orang-orang dari Makassar lebih memilih menggunakan burasa daripada ketupat. Cara memasaknya adalah dengan cara memasak beras dan santan hingga setengah matang, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan diikat dengan tali agar tidak tercecer di proses masak yang selanjutnya. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut membuat makanan ini cocok dimakan bersama kuah kari. Uh, sedapnya!

Itulah ragam masakan khas lebaran yang bisa B’Timers masak pada lebaran kali ini. Tidak ada salahnya kan, mencoba menu baru. Siapa tahu, bisa jadi menu favorit keluarga B’Timers. 



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE