Info Daging Sapi Berkualitas Ketahui Rahasianya! | Breaktime
Pilah-Pilih Daging Sapi Berkualitas, Ketahui Rahasianya!
02.10.2015

Saat memilih daging sapi, tentunya Anda berharap bisa mendapatkan daging yang segar dan berkualitas. Namun kenyataanya, tidak semua daging sapi yang dijual memiliki kualitas baik. Anda harus ekstra hati-hati dalam memilih untuk dapatkan kualitas daging unggulan.

Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan sewaktu memilih daging sapi:

Hindari daging sapi yang dibekukan

Lebih pilihlah daging bentuk segar daripada yang sudah dibekukan
Lebih pilihlah daging bentuk segar daripada yang sudah dibekukan

Sebagus-bagunya kualitas daging sapi yang dibekukan lebih baik untuk memilih yang dalam bentuk segar. Dalam bentuk segar, Anda bisa mengidentifikasi daging dari bentuk, warna, dan juga baunya. Daging segar memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan yang dibekukan.

Baca Juga : 3 IDE BRILIAN OLAH DAGING SAPI

Hindari daging yang berair

Jika daging berair, besar kemungkinannya itu adalah daging sapi gelonggongan. Daging semacam ini akan ‘mengempis’ ketika dimasak karena kandungan airnya menguap. Namun jika cairan yang keluar dari daging sapi berwarna kemerahan, jangan khawatir karen itu adalah sari dari daging tersebut

Cek baunya

Jika Anda mengidentifikasi terdapat bau yang tidak sedap atau bisa dibilang busuk, carilah daging yang lain. Daging sapi memiliki aroma khas yang sedikit amis, namun bukan busuk.

Periksa kekenyalan daging

Ada hal lain yang bisa Anda gunakan sebagai indikator kualitas daging yang akan dibeli yaitu dengan melihat kekenyalannya. Tekanlah daging menggunakan ujung jari Anda kemudaan lihatlah apakah bentuknya kembali seperti semula atau malah tidak. Daging yang segar, apabila ditekan akan kembali seperti semula, namun jika lembek tentu saja sebaliknya.

Pilih dari warna daging

Pilihlah daging sapi yang memiliki warna merah segar
Pilihlah daging sapi yang memiliki warna merah segar

Melihat warna saat membeli daging juga sangat penting untuk menentukan kesegarannya. Pilihlah yang memiliki warna merah segar. Namun, jika Anda membeli yang dalam bentuk beku, jangan pilih daging yang setelah dipotong berubah warna menjadi cokelat, hal ini menandakan daging sudah terlalu lama disimpan.

Itulah tips untuk memilih daging segar dan memiliki kualitas baik. Selalu ingat dan terapkan saat berbelanja, ya!

Share This Article