Perhatikan Tips Menyimpan Tepung Terigu di Rumah | Breaktime
Perhatikan Tips Menyimpan Tepung Terigu di Rumah
25.06.2016

Ada berbagai macam tepung yang dijual di pasaran. Mulai dari tepung yang terbuat dari gandum, kacang atau biji-bijian. Nah, biasanya bagaimana Anda menyimpan tepung di rumah, B’timers? Karena jika disimpan sembarangan, selain dapat membuatnya lembab, kutu tepung pun akan tinggal di dalamnya.. Iiiihh, menjijikkan, bukan? Sebainya simak tips menyimpan tepung terigu berikut yuk,  B’timers!

Tepung terigu

Anda tentu mengetahui bahwa tepung terigu terbuat dengan menghilangkan kulit serta biji dari gandum sebelum dihaluskan. Itulah mengapa tepung ini tidak memiliki terlalu banyak minyak. Dan satu keuntungannya adalah membuatnya tahan lama hingga 2 tahun, B’timers. Sebaiknya simpan di tempat yang sejuk dan kering agar tepung awet, B’timers.

Tepung gandum

Berbeda dengan tepung terigu, B’timers. Karena tepung gandum mengandung biji dan kulit dari gandum aslinya. Karena itu, tepung gandum mengandung sedikit minyak. Nah, jika sudah terbuka, tepung ini bisa lebih cepat teroksidasi sehingga menjadi tengik. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyimpannya dalam lemari pembeku demi melambatkan proses oksidasi.

Perhatikan Tips Menyimpan Tepung Terigu di Rumah | Breaktime
Simpan dalam wadah tertutup, ya, B’timers?

Tepung kacang

Tak jauh berbeda dengan tepung gandum, tepung yang terbuat dari kacang sangat banyak menyimpan kandungan minyak, B’timers. Itulah sebabnya tepung ini cenderung cepat berbau tengik. Karena tak berbeda dengan tepung gandum, maka sebaiknya simpanlah tepung kacang ini di dalam freezer. Jika dibekukan, tepung kacang bertahan sampai setahun.

Tips penyimpanan lain

Sebenarnya tips menyimpan tepung terigu bisa Anda hindari, lho, B’timers. Usahakan hanya membeli berdasarkan kebutuhan saja. Ini untuk mencegah terjadinya penumpukan tepung yang rusak di rumah Anda. Selain itu, Anda bisa menyimpannya di dalam wadah kedap udara. Ini dapat menjauhkan kutu dari tepung dan merusaknya.

Nah, dengan tips menyimpan tepung terigu, Anda tidak akan lagi mendapatkan tepung yang rusak saat akan menggunakannya, bukan, B’timers? (NO)

Share This Article