Perhatikan Aturan Simpan Makanan di Kulkas ini! | Breaktime
Perhatikan 12 Aturan Simpan Makanan di Kulkas ini, ya!
11.06.2016

Hayoo, ini peringatan untuk yang sering berlebihan dalam memasak makanan, B’timers. Apa yang Anda lakukan ketika ada banyak sisa makanan, pasti memasukannya dalam lemari pendingin, bukan? Wah, Anda harus memperhatikan 12 aturan menyimpan makanan di kulkas berikut ini, nih, B’timers!

Olahan yang dimasak

Jika ada sisa makanan, masukkan dahulu dalam wadah kedap udara sebelum Anda menyimpannya dalam kulkas. Namun, harus segera dihabiskan dalam waktu maksimal 4 hingga 5 hari ke depan, ya?

Menyimpan salad

Entah itu salad buah atau sayuran, apalagi jika ada tambahan irisan daging tuna atau ayam, bisa aman selama 3 hingga 4 hari jika Anda simpan dalam wadah kedap udara di kulkas.

Bumbu herbal segar

Untuk bumbu herbal yang mengandung aroma, sebaiknya Anda cuci, lalu bungkus dengan kertas tisu lembab dan masukkan dalam kantung plastik tertutup. Baru bisa disimpan dalam lemari pendingin.

Sisa sayuran segar

Sama seperti bahan dan bumbu herbal, sayuran segar yang tidak habis Anda konsumsi harus dicuci, dibungkus dengan kertas tissue, bungkus dengan kantong plastik agar bisa tahan hingga 4 hari.

Kacang-kacangan

Jenis kacang yang berbeda memiliki daya tahannya sendiri jika Anda menyimpannya di dalam lemari pendingin, lho, B’timers. Namun sebaiknya Anda bungkus kacang-kacangan dengan rapat dalam plastik.

Irisan bawang

Bawang yang telah dikupas atau diiris, harus Anda simpan dalam wadah plastik kedap udara. Dan salah satu dari 12 aturan menyimpan makanan di kulkas ini bisa bertahan hingga 4 hari ke depan.

Perhatikan Aturan Simpan Makanan di Kulkas ini! | Breaktime
Lemari es yang rapi bikin bahan makanan mudah ditemukan

Kentang dan umbi-umbian

Umbi-umbian sebenarnya akan lebih tahan lama jika disimpan di tempat bersuhu sejuk atau gelap, namun bukan di lemari pendingin. Pada umumnya kentang mampu bertahan hingga 2 minggu.

Menyimpan telur

Telur segar harus selalu didinginkan jika tidak digunakan dalam waktu dekat, B’timers. Waktu terbaik untuk menyimpan telur dalam kulkas adalah 3 hingga 4 minggu.

Menyimpan keju

Anda tidak perlu menyimpan keju dalam kulkas, sih, sebenarnya. Karena jika disimpan dalam kulkas akan membuat keju semakin keras dan tidak nikmat lagi dikonsumsi.

Daging unggas, apid an domba

Tidak perlu dicuci, lho, jika Anda ingin menyimpan daging dalam kulkas. Anda bisa mencucinya setelah siap untuk diolah. Bungkus daging dengan baik sebelum Anda simpan dalam lemari pendingin.

Menyimpan hewan laut

Kebanyakan seafood paling baik untuk diolah dan dikonsumsi dalam keadaan segar dan hanya boleh disimpan hingga 2 hari saja, lho, B’timers.

Beras dan tepung

Dalam suhu kamar, tepung dapat bertahan hingga 6 bulan. Sementara untuk beras, bisa Anda simpan dalam tempat sejuk yang kedap udara, dan beras bisa awet hingga waktu yang lama.

Dengan 12 aturan menyimpan makanan di kulkas, jangan sampai salah lagi, ya, B’timers? (NO)

Share This Article