Ke Surabaya? Jangan Lupa Beli 5 Oleh-Oleh Ini! | Breaktime

ARTIKEL KULINER

Inijie

Travel Blogger & Profesional Photographer.

Pergi ke Surabaya? Jangan Lupa Beli 5 Oleh-Oleh Ini!
09.04.2016

Mencari oleh-oleh khas Surabaya itu gampang-gampang susah, karena sebenarnya tidak ada oleh-oleh yang benar-benar spesial asli Surabaya. Tapi tenang saja karena ada beberapa oleh-oleh yang biasanya jadi rebutan jika dibawa pulang selepas mampir dari Surabaya lho, B’timers. Apa aja, sih?

1. Almond Crispy

Ke Surabaya? Jangan Lupa Beli 5 Oleh-Oleh Ini! | Breaktime
Almon Crispy – Idola Baru Oleh Oleh Surabaya

Siapa yang tak kenal dengan camilan kekinian ini B’timers? Bentuknya yang bulat tipis dengan teksturnya yang crispy, membuat adonan Almond ini jadi pujaan hati bagi siapapun. Terlebih ada 3 varian rasa seperti rasa choco cheese, greentea, dan original cheese yang bakal membuat B’timers tak pernah cukup untuk menghabiskan satu bungkus saja.

2. Sambal Bu Rudy

Ke Surabaya? Jangan Lupa Beli 5 Oleh-Oleh Ini! | Breaktime
Sambal Bu Rudy – Dijamin Bakal Rebutan

Sambal Bu Rudy yang dikemas dalam botol plastik ini tak cuma jadi oleh-oleh, bahkan jadi bekal buat orang Surabaya sendiri ketika ingin jalan-jalan ke kota lain. Sambal udang, sambal bajak, sambal ijo hingga sambal terasi tersedia komplit. Selain sambal, ada juga makanan kering dalam toples yang bisa dinikmati seperti ikan teri, kentang manis maupun udang yang nikmat disantap dengan nasi hangat dan sambal khas Bu Rudy sendiri B’timers.

3. Spiku

Ke Surabaya? Jangan Lupa Beli 5 Oleh-Oleh Ini! | Breaktime
Spiku Surabaya – Kuning atau Cokelat? Keduanya Lezat!

Oleh-oleh yang satu ini adalah kue khas kota Pahlawan yang didominasi warna kuning dan coklat. Sensasi lembut yang muncul ketika menggigit kue ini dikarenakan penggunaan kuning telur yang loyal. Pasti betah saat menikmati kue ini sambil bersantai sore karena rasa manisnya yang kalem.

4. Bandeng Asap

Ke Surabaya? Jangan Lupa Beli 5 Oleh-Oleh Ini! | Breaktime
Bandeng Asap – Digemari Turis Mancanegara

Sejatinya Bandeng Asap adalah makanan dari Sidoarjo, namun banyak juga wisatawan yang memilih untuk menyisakan barang bawaannya demi membeli Bandeng Asap ini. Bandeng segar ini dimasak dengan cara diasapi selama beberapa jam. Aromanya semerbak mengundang rasa lapar, jadi buru-buru ingin menyiapkan nasi, sambal, dan juga lalapan.

5. Krupuk Ikan Kenjeran

Ke Surabaya? Jangan Lupa Beli 5 Oleh-Oleh Ini! | Breaktime
Krupuk Ikan – Kriuk Kriuk Mengundang Selera

Di Surabaya sendiri, masih banyak nelayan yang melaut dan menjual langsung ikan hasil tangkapannya di daerah sekitar Kenjeran. Namun dengan memanfaatkan SDM lokal, maka masyarakat mengembangkan UKM dengan mengolah ikan untuk dijadikan sebagai kerupuk. Kalau B’timers membeli Krupuk Ikan Kenjeran sebagai oleh-oleh, lebih baik beli yang mentahnya saja, yang bisa digoreng sendiri ketika di rumah. Dijamin bakal ketagihan karena punya rasa ikan yang lekat dan savory yang memikat.

Untuk siapapun yang sedang berwisata ke Surabaya, itu dia oleh-oleh wajib yang bisa dibawa pulang ke rumah sambil berbagi dengan keluarga maupun teman-teman. Kalau B’timers sendiri, sudah pernah mencicipi salah satu dari 5 oleh-oleh tersebut? (inijie)

Share This Article