Percaya Atau Tidak, Gula Bisa Pengaruhi Mood? | Breaktime
Percaya Atau Tidak, Gula Bisa Pengaruhi Mood?
25.08.2017

Makanan yang mengandung gula seringkali dihindari oleh masyarakat yang merasa kelebihan berat badan atau mengidap penyakit tertentu. Kita tahu bahwa gula berlebihan pasti terdapat pada makanan manis, seperti permen, cokelat, es krim, soda, dan karamel. Jadi, mau bagaimanapun B’timers yang sedang diet dan menjalankan pola hidup sehat akan mengurangi makanan-makanan ini.

Tapi ternyata kita salah, karena gula tak hanya ada di dalam makanan yang manis. Makanan-makanan yang tak punya rasa manis pun rupanya juga mengandung kadar gula tinggi, lho. Makanan apa saja ya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kucing dan Kuda Jadi Kuliner Khas Jogja?

Siapa yang menyangka kalau produk makanan rendah lemak mengandung gula tinggi?

Banyak produsen yang menambahkan gula untuk membuat produk mereka memiliki banyak rasa. Hal itulah yang membuat produk makanan ini memiliki kandungan gula yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk lainnya. Makanan jenis ini misalnya kue, cookies, pie, dan selai kacang.

Anda pasti pernah memasak dengan bumbu tambahan atau saus barbekyu, kan?

Nah, bumbu-bumbu ini biasanya dipakai untuk memanggang daging demi menambahkan rasa makanan saat dimasak. Khususnya saus barbekyu botolan yang ternyata mengandung gula tinggi. Coba lihat pada bagian komposisinya. Daftar gula pertama yang tercantum adalah sirup jagung.

Tak hanya saus barbekyu, saus tomat pun juga termasuk!

Anda penggemar saus tomat? Sebaiknya kurangi makan produk saus yang satu ini. Satu sendok makan saus tomat mengandung satu sendok teh gula. Rata-rata setiap orang mengonsumsi 4 – 5 sendok makan saus tomat per hari.

Yogurt dan Snackbar juga mengandung gula tinggi, benarkah?

Dua jenis makanan ini sering jadi menu diet. Namun sayangnya, 6 ons yogurt rasa buah mengandung 7 sendok teh gula. Jadi kalau ingin mengonsumsi yogurt, pilih plain yoghurt dan tambahkan buah sendiri. Snackbar sendiri meskipun mengandung kacang-kacangan, biji, dan buah, tetap saja mengandung gula tambahan.

Percaya Atau Tidak, Gula Bisa Pengaruhi Mood? | Breaktime
Salah satu makanan tinggi gula adalah yang mengandung saus barbekyu
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lezatnya Masakan Ayam dari Sabang ke Merauke

Oatmeal dan sereal dingin pun juga demikian

Beberapa sereal sehat seperti granola dan sereal kismis rupanya mengandung banyak gula tambahan. Kalau bisa carilah sereal yang mengandung maksimal 5 gram gula untuk sarapa sehat.

Tak disangka, kan beberapa jenis makanan tersebut mengandung gula yang tinggi. Tapi tak cukup itu saja, nih B’timers. Gula rupanya juga mampu mempengaruhi mood pada konsumennya. Memang sangat sulit menghindari si manis ini, karena sering bersembunyi di dalam makanan yang kita anggap sehat. Selain pada makanan-makanan di atas, jus buah pun seringkali juga mengandung gula yang melebihi takaran. Lalu bagaimana bisa gula mempengaruhi mood?

Saat mengonsumsi gula, tubuh akan berusaha untuk menangkalnya dengan melepaskan insulin. Hal tersebut menyebabkan penurunan glukosa darah dengan cepat. Untuk mengimbangi hal tersebut, tubuh akan melepaskan adrenalin. Itulah yang membuat tubuh dalam mode fight or flight yang memicu rasa cemas.

Gula pun juga bisa menyebabkan peradangan. Pada saat ini Anda melepaskan zat inflamasi atau sitokin yang membuat depresi. Peradangan juga mempercepat penuaan dan mengurangi elastisitas kulit. Batasi konsumsi gula jika Anda ingin tampak lebih cerah dan bahagia.

Kandungan gula juga membuat seseorang sangat adiktif. Ketika Anda melakukan detoks gula, Anda akan merasa efek buruk, sebelum akhirnya merasa sangat nyaman. Membutuhkan waktu sekitar 48 jam untuk menghilangkan hasrat mengonsumsi si manis.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tak Disangka, Kopi Bisa Jadi Penyebab Diare, Lho

Dengan hal ini, tak berarti Anda harus mengurangi konsumsi gula hingga 100%. Anda tak perlu khawatir dengan gula alami yang terdapat dalam buah, sayur, dan produk susu. Untuk per harinya, konsumsi gula kurang dari 10% dari total kalori harian. Kalau untuk pria sendiri membutuhkan 2000 sampai 3000 kalori. Semua itu tergantung usia dan aktivitas yang dilakukan. Batas maksimal konsumsi gula adalah 12,5 sendok teh atau 50 gram untuk kebutuhan 2000 kalori. Sedangkan untuk 3000 kalori adalah 18,75 sendok teh atau 75 gram.

Meski kita harus menjaga konsumsi gula sehari-hari, tetap ada satu hal yang tak boleh dihindari. Ini akan membuat Anda merasa bahagia sepanjang hari dan mood yang berantakan akan segera membaik. Penasaran, kan? Baca selengkapnya, yuk!



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE