Perang, yuk! Ini Makanan untuk Kolesterol Tinggi | Breaktime
Perang, yuk! Ini Makanan untuk Kolesterol Tinggi
31.05.2017

Kolesterol selalu menjadi salah satu alasan menurunnya kesehatan jantung seseorang, B’timers. Padahal hal itu merupakan kesalahpahaman yang harus segera diatasi. Bagi banyak orang diet demi menurunkan kadar kolesterol dilakukan dengan mengurangi lemak. Tentu saja hal ini akan menyebabkan makanan di lidah Anda kurang nikmat rasanya. Karena sebenarnya ada makanan untuk kolesterol tinggi.

Dan berdasarkan penelitian, cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami dengan menghindari semua jenis lemak bukanlah jawaban, lho, B’timers. Bahkan sama sekali menghindari sumber yang mempunyai kandungan kolesterol, seperti keju atau telur pun tak wajib untuk Anda lakukan. Kesehatan sebenarnya adalah mengenai keseimbangan. Makan kombinasi makanan padat nutrisi untuk mengatasi masalah.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang penting dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi:

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Moms Wajib Tahu Daftar Makanan Sehat untuk Anak

Tidak diragukan lagi, sayuran bergizi padat dengan kandungan antiinflamasi merupakan salah satu jenis makanan yang paling tinggi kandungan antioksidannya, B’timers. Kandungan fitokimia yang tinggi dapat membantu melawan kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Perbanyak mengonsumsi sayuran, terutama yang berdaun hijau gelap, seperti bayam dan kangkung.

Perang, yuk! Ini Makanan untuk Kolesterol Tinggi | Breaktime
Perbanyak asupan kacang-kacangan

Segala jenis kacang-kacangan adalah sumber lemak tak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal, B’timers. Ini ternyata dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu memenuhi kebutuhan serat yang diperlukan tubuh. Kacang-kacangan tertentu, seperti almond, dapat membantu memenuhi pasokan antioksidan flavonoid, senyawa berbasis tanaman yang dapat memperbaiki kesehatan arteri dan mengurangi peradangan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hati-hati Ini Makanan Tidak Sehat untuk Jantung!

Makanan untuk kolesterol tinggi selanjutnya yang wajib untuk Anda tambahkan ke dalam menu harian adalah chia seeds dan flaxeeds, B’timers. Dua makanan ini merupakan sumber terkaya yang menyimpan asam lemak Omega-3 alpha-linolenic acid (ALA) yang menyediakan lignin penyeimbang hormon. Kedua makanan ini kaya akan kandungan serat larut dan tak larut yang penting dalam proses detoksifikasi.

Perang, yuk! Ini Makanan untuk Kolesterol Tinggi | Breaktime
Zaitun, minyak yang menyehatkan

Manfaat minyak zaitun didapatkan dari kandungan anti-inflamasi yang tinggi di dalamnya. Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung dengan membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat, B’timers. Gunakan extra virgin olive oil untuk membuat homemade salad dressing atau saat menumis untuk dapatkan manfaat kesehatan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jaga Kandungan Dengan Menu Sehat Ibu Hamil

Alpukat merupakan salah satu sumber lemak tak jenuh tunggal yang paling menyehatkan di dunia, lho, B’timers. Jenis ini yang efektif dalam membantu meningkatkan kolesterol HDL dan sekaligus membantu menurunkan LDL. Alpukat juga mengandung serat larut dalam jumlah tinggi dan dapat membantu Anda menstabilkan kadar gula darah sekaligus menyediakan fitokimia anti-inflamasi. So, perbanyak alpukat!

Perang, yuk! Ini Makanan untuk Kolesterol Tinggi | Breaktime
Salmon, jenis ikan berlemak yang baik untuk tubuh

Sebagai salah satu sumber lemak Omega-3 anti-inflamasi terbaik di dunia, ikan salmon sangat efektif di dalam membantu menurunkan risiko penyakit jantung, gangguan kognitif, depresi serta kondisi lainnya yang mempengaruhi kesehatan, B’timers. Sumber lain dari asam lemak Omega-3 termasuk ikan tinggi lemak lainnya, seperti ikan sarden, makarel dan herring. Semua bisa bantu tingkatkan kolesterol baik.

Teh hijau dianggap sebagai minuman nomor satu yang terbukti efektif untuk melawan penuaan. Kadar antioksidan yang tinggi di dalamnya disempurnakan juga dengan anti-kanker yang tinggi, B’timers. Teh hijau sangat efektif meningkatkan kesehatan jantung karena dapat mencegah meningkatnya kolesterol LDL. Jadi tak heran jika teh hijau dianggap sebagai salah satu makanan untuk kolesterol tinggi. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE