Sejarah Macaron, Kue Warna-Warni
Penyuka Macaron, Yuk Kenali Sejarah Kue Warna-Warni Ini!
21.12.2015

B’timers tentu sudah kenal dengan kue yang satu ini. Mungil, manis dan warna-warni, macaron terbuat dari bahan utama tepung, gula dan putih telur. Sederhana, bukan? Macaron sendiri umumnya berwarna lembut seperti warna-warna pastel, namun kini semakin banyak inovasi macaron dengan warna yang lebih cerah. Nah, tahukah Anda dari mana macaron berasal?

Berasal dari Italia

Kue macaron lahir di Italia, diperkenalkan oleh chef Catherine de Medicis pada tahun 1533 di momen pernikahannya dengan Duc d’Orleans yang menjadi raja Perancis pada tahun 1547 sebagai Henry II. Kata-kata “macaron” sendiri berasal dari “macaroni” yang berarti “adonan halus”.

Kue macaron pertama sangat sederhana, dibuat dari bubuk almond, gula dan putih telur. Bahkan, di banyak kota di Perancis muncul banyak kisah melegenda tentang macaron. Di Nancy, cucu perempuan Catherine de Medici terselamatkan dari kelaparan dengan memakan macaron. Di Saint-Jean-de-Luz, macaron yang dibuat chef Adam disajikan di pesta pernikahan Louis XIV dan Marie-Therese pada tahun 1660.

Kue macaron yang manis dan warna-warni
Kue macaron yang manis dan warna-warni

Berevolusi pada awal abad ke-20

Nah, di awal abad ke-20, terjadi revolusi macaron. Pierre Desfontaines, cucu laki-laki dari Louis Ernest Laduree memiliki ide untuk mengisi macaron dengan lapisan cokelat dan menggabungkan dua kue macaron. Sejak saat itulah, kue macaron diklaim sebagai kue Perancis dan menjadi kue yang paling laris di toko-toko kue di sana.

Macaron kini memang sangat populer di Perancis serta negara-negara Eropa lainnya. Namun, di Amerika Serikat macaron tak sefavorit itu. Macaron juga punya nama lain yaitu “gerber”, tetapi nama macaron tetap lebih populer digunakan. Bentuknya yang bulat dan warna-warninya yang lembut membuat rasa manis macaron melebur sempurna saat digigit.

Tak hanya krim cokelat, kue macaron juga bisa diberi filling atau isian sesuai selera, misalnya seperti cream cheese, kopi dan mocha. Jika ingin bereksperimen sendiri, Anda pun bisa mencoba membuat macaron di rumah. Pengalaman bikin kue B’timers akan terasa makin seru dengan bebagai eksperimen macaron favorit. (md)

Share This Article