Pentingkah Berbuka Puasa dengan Makanan Manis? | Breaktime
Pentingkah Berbuka Puasa dengan Makanan Manis?
10.06.2016

Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalani oleh umat Muslim di seluruh dunia. Dan ketika berpuasa, yang paling dinantikan adalah waktu berbuka, kan, B’timers? Ada anjuran yang mengatakan, bahwa penting untuk berbuka puasa dengan makanan manis. Benarkah demikian, jika benar mengapa harus diawali dengan makanan manis?

Alasan berbuka dengan makanan manis

Salah satu makanan yang paling umum dipilih sebagai menu buka puasa adalah kurma yang masak. Nah, dari latar belakang itulah kita menganggap bahwa berbuka itu harus dengan makanan manis. Tujuannya adalah untuk segera menggantikan energi yang hilang setelah kita seharian berpuasa, B’timers. Namun bukan berarti boleh mengonsumsi terlalu banyak.

Karena menurut dokter spesialis gizi Klinik Saptawati Bardosono, berbuka sangat dianjurkan dengan sesuatu yang manis. Alasannya untuk segera menambah kadar gula atau karbohidrat dalam darah, B’timers. Dan ternyata mengonsumsi makanan manis dalam jumlah banyak sekali waktu saat berbuka justru akan mengakibatkan tubuh bertambah lemas.

Pentingkah Berbuka Puasa dengan Makanan Manis? | Breaktime
Es buah segar bisa menjadi menu terbaik untuk buka puasa

Pilihan terbaik untuk berbuka puasa

Hayoo, ngaku deh, B’timers! Selama ini waktu berbuka dijadikan sebagai alasan untuk menghabiskan kolak pisang dan es campur bermangkuk-mangkuk, kan? Padahal makanan manis seperti ini hanya mengandung gula sederhana yang membuat gula darah cepat naik dan cepat turun, B’timers. Itulah yang menyebabkan tubuh Anda terasa sangat lemas setelah buka puasa.

Sebaiknya berbuka dengan air putih terlebih dahulu untuk membuat tubuh terhidrasi. Setelah itu Anda bisa menggantikan energi yang hilang dengan makanan manis, B’timers. Makanan yang disarankan adalah buah-buahan, seperti kurma dan buah segar lainnya. Makanan tersebut akan menggantikan kadar gula dengan cepat, jadi jangan makan terlalu banyak juga, ya? (NO)

Share This Article