Penggemar Kopi Lakukan Ini Agar Gigi Tetap Putih | Breaktime
Penggemar Kopi Lakukan Ini Untuk Gigi Tetap Putih
18.11.2017

Apakah B’timers termasuk penggemar berat kopi atau anggur merah? Jika, ya pernahkah Anda berpikir tentang noda yang akan menempel pada gigi? Yap, sudah bukan rahasia umum lagi jika kedua minuman tersebut akan membuat plak pada gigi dan menyebabkan gigi menjadi kuning. Dilansir dari Healthline, Victoria Veystman, dari New York City’s Cosmetic Dental Studios, menjelaskan bahwa senyawa tanin yang terdapat dalam kopi menjadi penyebab warna gigi berubah. Tanin sendiri termasuk jenis polifenol yang bisa pecah dalam air. Tanin ini yang akan menempel pada gigi sehingga membuat warna gigi berubah.

Tak hanya membuat perubahan pada warna gigi, kopi juga bisa menyebabkan kerusakan enamel gigi yang merupakan lapisan terluar gigi. Enamel gigi inilah yang menjaga gigi tetap kuat dan sehat. Efek lainnya juga bisa membuat gigi gemeretak. Asupan kafein yang terlalu banyak akan memberi efek stres dan susah tidur. Hal ini yang akan membuat Anda menggeretakkan gigi saat tidur. Saat gigi gemeretak bisa menyebabkan nyeri rahang dan juga sakit gigi.

Penggemar Kopi Lakukan Ini Untuk Gigi Tetap Putih

Well, the good news is, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menghilangkan noda pada gigi. Ada beberapa langkah muda yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi warna gigi yang tak putih lagi.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah ada dua jenis noda, yaitu intrinsik yang permanen dan ekstrinsik yang bisa dihilangkan. Pewarnaan intrinsik terjadi di dalam enamel gigi dan biasanya berkembang selama masa kanak-kanak. Saat gigi tumbuh, enamel masih terbentuk. Pewarnaan intrinsik sendiri biasanya terjadi karena demam tinggi, minum antibiotik tetrasiklin, atau mengonsumsi air dengan flouride yang berlebihan.

Itulah yang membuat hal ini permanen. Biasanya masyarakat akan melakukan penambahan lapisan tipis yang akan menutupi permukaan gigi. Teknik ini biasanya dilakukan untuk keperluan estetika. Sedangkan untuk pewarnaan ekstrinsik, disebabkan oleh nikotin dari rokok, makanan dan minuman tinggi polifenol seperti kopi, green tea, dan red wine. 

Penggemar Kopi Lakukan Ini Agar Gigi Tetap Putih | Breaktime
Rajin-rajin gosok gigi sebanyak 2x sehari
Penggemar Kopi Lakukan Ini Untuk Gigi Tetap Putih

Perlu diketahui juga ketika plak atau noda kopi tertinggal pada gigi, lama kelamaan akan menjadi karang gigi. Jadi, jika Anda terus mengonsumsi kopi atau anggur merah dalam jumlah banyak, itu berarti Anda membiarkan gigi mengalami perubahan warna dan membiarkan mereka mengubahnya menjadi karang gigi.

Tetapi, noda yang menempel pada gigi tidak akan terjadi dalam waktu semalam saja. Dibutuhkan waktu selama satu minggu dengan minum yang konsisten, barulah mereka akan membuat noda yang nyata. Jadi, beberapa cara untuk mencegah timbulnya noda pada gigi, Anda harus membatasi seberapa sering akan mengonsumsinya. Dan perlu diketahui juga, jika Anda menambahkan gula atau susu lebih banyak, maka akan memudahkan noda terbentuk lebih cepat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Waspada, Ini Tanda Anda Kelebihan Protein!

Mulailah untuk kembali rutin menggosok gigi sebanyak dua kali dalam sehari. Mulai pagi saat akan memulai aktivitas dan malam saat menjelang tidur. Di era canggih seperti sekarang ini, sudah banyak dijual sikat gigi elektrik. Ini menjadi investasi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi. Sikat gigi elektrik dirancang dengan timer built-in yang akan menyesuaikan berapa lama Anda harus menyikat gigi.

Setelah menggosok gigi, biasakan untuk berkumur dengan cairan pembersih mulut atau obat kumur. Tetapi, Anda juga harus menyiapkan obat kumur yang bisa dibawa kemana-mana. Setelah makan atau minum, berkumurlah dengan obat kumur. Cara ini bisa mencegah noda menempel pada gigi. Jadi, mulai sekarang Anda bisa mencegah gigi berubah warna dengan cara yang mudah, ya. 



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE