Paleo Diet: Makan ala Manusia Purba Unik Banget | Breaktime
Paleo Diet: Makan ala Manusia Purba
08.02.2015

Bagi Anda yang ingin memiliki berat badan ideal, banyak sekali metode diet yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu jenis diet yang bisa dibuktikan keefektifannya adalah paleo diet.

Paleo diet adalah metode diet yang terinspirasi dari kebiasaan pola makan manusia pada zaman dahulu. Nama paleo diet sendiri sebenarnya diambil dari nama zaman manusia purba yakni paleolitikum. Cara diet ini dinilai efektif untuk menurunkan berat badan. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk melakukan paleo diet, Breaktime telah merangkum beberapa informasi menarik berikut ini:

What you should eat

Basic dari paleo diet adalah mengonsumsi makanan yang biasa dimakan oleh manusia gua. Mereka biasa mengonsumsi makanan yang diburu, dipancing, dan dipanen selama zaman batu seperti daging, ikan, kerang , telur, kacang, sayur-sayuran, buah-buahan dan akar-akaran.

Seiring dengan perkembangan zaman, paleo diet sendiri sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa disesuaikan dengan keadaan manusia modern, seperti memvariasikan cara mengolah makanan misalnya dipanggang, dikukus, dan direbus. Anda juga tetap bisa menikmati pemanis seperti madu dengan catatan jumlahnya tak berlebihan.

What to avoid

Paleo diet mengharamkan makanan yang “beracun” bagi tubuh. Makanan beracun adalah semua makanan yang mengandung bahan pengawet, MSG, serta makanan cepat saji atau makanan instan.

Ada juga beberapa jenis buah dan sayuran yang tidak boleh dikonsumsi seperti beras merah, oatmeal, soy beans, dan peanuts. Anda juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi susu dan semua produk olahannya seperti keju, yogurt, dan butter.

Tertarik dengan pola diet ala manusia purba ini, B’timers? Selain mengatur pola makan, untuk mendapatkan berat badan yang ideal Anda juga harus mengimbanginya dengan berolahraga secara teratur, minimal tiga hingga empat kali dalam seminggu. Selamat mencoba!

Share This Article