Pakai Oven untuk Membuat Telur Matang? Why Not | Breaktime
Pakai Oven untuk Membuat Telur Matang? Why Not
15.02.2016

Bagaimana cara B’timers memasak telur agar matang sempurna? Digoreng atau direbus dengan air mendidih? No no no, sekarang Anda bisa juga mematangkan telur dengan memasukkannya dalam oven, lho! Hmm.. kok bisa, ya? 

Pakai Oven untuk Membuat Telur Matang? Why Not | Breaktime
Manfaatkan cetakan muffin untuk memanggang telur Anda

Caranya cukup mudah. B’timers harus memanaskan oven terlebih dahulu pada suhu 160oC. Letakkan telur yang ingin Anda matangkan ke dalam cetakan muffin, dan panggang selama setidaknya 30 menit. Keluarkan cetakan muffin dari dalam oven, dan rendam telur yang sudah matang ke dalam air dingin selama setidaknya 10 menit.

Pakai Oven untuk Membuat Telur Matang? Why Not | Breaktime
Menghasilkan cita rasa yang sedikit berbeda dari telur rebus, lho!

Memang waktunya lebih lama daripada merebus telur dalam air. Namun untuk segi rasa dan tekstur, telur yang dioven memiliki rasa yang lebih creamy dibandingkan telur rebus. Selain itu, dengan memanggang telur menggunakan oven, B’timers tidak perlu khawatir telur-telur Anda retak seperti yang sering terjadi kala merebus telur.

Pakai Oven untuk Membuat Telur Matang? Why Not | Breaktime
Memudahkan B’timers memasak untuk porsi besar seperti catering dan buffet

Mematangkan telur dengan menggunakan oven sangat bermanfaat bagi B’timers yang memiliki usaha catering atau menggelar acara besar-besaran di rumah. Anda bisa sekaligus mematangkan banyak telur dalam waktu 30 menit. Hasil dari telur matang dengan oven tentunya lebih sempurna tanpa retak sehingga semakin memperindah tampilan sajian Anda.

Kabar gembiranya, telur yang matang dengan menggunakan oven lebih tahan lama hingga satu minggu di dalam kulkas. Wah, jadi tidak perlu ribet berkali-kali merebus telur untuk dijadikan masakan keluarga ya? Selamat mencoba, B’timers! (ft)

Share This Article