Olahan Kopi Unik yang Tak Melulu Diminum | Breaktime
Olahan Kopi Unik yang Tak Melulu Diminum
27.11.2017

Biji kopi di setiap kebudayaan dunia telah tersohor sebagai salah satu bahan minuman favorit. Rasa khas dan kandungan kafein ekstra nendang membuat kopi menjadi minuman yang banyak dicari di berbagai belahan dunia. Mulai dari kampung di pelosok negeri hingga kota-kota besar dengan jajaran gedung pencakar langit, minuman kopi panas maupun dingin selalu diburu sebagai menu wajib untuk menggenjot semangat beraktivitas di pagi hari. Namun tahukah B’timers bahwa beragam kreasi olahan kopi unik kini telah muncul sehingga kopi tak lagi hanya diseruput dalam bentuk minuman?

B’timers cukup menggunakan sedikit kreativitas untuk mengolah kopi menjadi aneka sajian istimewa berikut ini. Dessert hingga hidangan utama, kopi selalu siap sedia memberikan citarasa unik sekaligus tambahan kafein ekstra dalam menu makan Anda. Aneka kreasi menu berikut ini juga bisa memanfaatkan kopi sisa yang terlanjur dingin atau tak sempat dihabiskan sebagai bahan masakan penuh kelezatan. Pencinta kopi tentu akan dimanjakan dengan sensasi menikmati kopi dalam bentuk olahan berbeda.

Dari Skotlandia, Anda tentu mengenal dessert sejenis cookies yang bernama shortbread. Secara tradisional, shortbread bermula sebagai kue mewah yang hanya disajikan dalam berbagai perayaan seperti pesta pernikahan hingga hari raya natal. Shortbread kini tak hanya dibuat dari bahan vanila, tapi juga bisa dikreasikan dengan perpaduan citarasa kopi. Cukup tambahkan bubuk kopi espresso dalam odanan setelah dicampurkan dengan menggunakan mixer. Kocok kembali dengan mixer lalu panggang espresso shortbread hingga matang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Trik Memasak Kalkun, Burung Raksasa Dari Amerika

Masih dengan bahan utama bubuk kopi espresso, B’timers juga bisa berkreasi dengan olahan kopi unik berupa espresso truffles. Truffles sendiri merupakan sejenis dessert berbahan coklat yang dibentuk bola hingga menyerupai bentuk jamur truffle. Tambahkan bubuk kopi espresso ke dalam krim yang akan dipanaskan hingga mendidih dalam api sedang. Tambahkan coklat dan vanila lalu aduk rata dan dinginkan dalam freezer. Setelah beku, B’timers bisa membentuk adonan espresso truffles menjadi bentuk bola dengan menggunakan sendok es krim, lalu simpan kembali dalam freezer. Tambahkan sentuhan akhir berupa bubuk cocoa halus sebelum espresso truffles Anda siap disantap. 

Olahan Kopi Unik yang Tak Melulu Diminum | Breaktime
Menu sarapan anti ngantuk dengan espresso waffle

Wafel kini menjadi salah satu menu sarapan andalan di manapun karena orisinalitas rasanya yang cocok dipadukan dengan aneka tambahan menggugah selera seperti es krim, yogurt, hingga sirup dan karamel. Cara membuat wafel sendiri tak jauh berbeda dengan pancake, hanya saja bentuk wafel sedikit ebrbeda karena menyesuaikan dengan pola cetakan wafel. B’timers bisa mengkreasikan wafel espresso dengan menambahkan bubuk kopi espresso sebagai pendamping bubuk coklat dalam adonan wafel.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Makanan Aneh di Indonesia Bikin Bergidik Geli

Kudapan berbahan dasar kopi lainnya ialah espresso meringues. Kreasi menu jajanan asal Prancis yang satu ini memberi perpaduan bubuk kopi espresso pada bahan utama putih telur. Citarasa kopi dijamin menyempurnakan tekstur renyah dan rasa manis meringues. Tambahkan bubuk kopi espresso ke dalam adonan sebelum dikocok dengan menggunakan mixer lalu dipanggang hingga garing. Meringues espresso dengan citarasa manis nan kuat ala kopi kini siap dinikmati sebagai camilan renyah bersama keluarga.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Google Doodle : Sejuta Manfaat Fermentasi Kubis

B’timers bisa jadi jarang mendengar dessert bertajuk fudge. Dessert ala Eropa berbentuk permen bertekstur lembut yang satu ini biasanya berbahan dasar susu, mentega, dan gula. Anda bisa menambahkan bubuk kopi saat adonan dipanaskan. Simpan ke dalam lemari pendingin lalu potong kecil-kecil sesuai selera. Anda juga bisa menambahkan sirup karamel untuk sentuhan akhir fudge kopi yang menawarkan tekstur chewy mirip nougat tersebut. 

Olahan Kopi Unik yang Tak Melulu Diminum | Breaktime
Citarasa unik ayam panggang bumbu kopi

Terakhir, tak hanya sebagai bahan dessert, olahan kopi unik juga bisa Anda kreasikan dalam bentuk saus marinade. Tambahkan bawang bombay dan bawang merah cincang ke dalam sisa kopi serta beberapa tetes soy sauce atau cuka balsamic untuk menghadirkan saus marinade untuk aneka olahan daging, utamanya steak. Tambahan cairan kopi dijamin memberikan kedalaman rasa yang berpadu sempurna dengan citarasa rempah. Rendam daging sapi, ayam, babi, atau aneka daging lainnya dalam larutan kopi selama 2 hingga 8 jam, lalu panggang seperti biasa. Kini Anda tak perlu bingung membuang sisa kopi di pagi hari bukan? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE