Obati Rasa Rindu Bersama Makanan Khas Medan Ini! | Breaktime
Obati Rasa Rindu Bersama Makanan Khas Medan Ini!
20.03.2017

Tak akan lengkap rasanya pergi berlibur tanpa mencicipi beragam kuliner khas dari daerah tersebut, ya, B’timers? Salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan aneka ragam kuliner lezatnya adalah Sumatera Utara. Selain dapat menikmati tempat wisata yang dipenuhi dengan keindahan yang menyejukkan mata dan hati, Anda juga dapat menyantap beragam makanan khas yang bakalan menggoyang lidah.

Nah, di bawah ini adalah beberapa makanan khas Medan yang harus Anda cicipi jika ingin rasakan rindu nan menggelora di dalam kalbu, B’timers!

Baca juga : MAKANAN KHAS MALANG YANG BISA BIKIN ANDA KANGEN!

Di tempat yang pertama dari hidangan asli dari Medan yang wajib untuk Anda cicipi selagi berkunjung ke Kota Medan adalah Pelleng, B’timers. Dikenal sebagai makanan khas dari masyarakat Pakpak, Pelleng ini berupa Nasi Kuning dan disajikan bersama dengan lauk yang terbuat dari daging ayam yang sebelumnya diolah bersama dengan bumbu khas. Kuliner khas Kota Medan yang satu ini biasanya dihidangkan ketika ada upacara ataupun perayaan tertentu di Sumatera Utara.

Obati Rasa Rindu Bersama Makanan Khas Medan Ini! | Breaktime
Meski tak dimasak, olahan ikan khas Medan ini kaya rasa, lho

Lalu ada juga Dengke Mas na Niura yang tak kalah lezat dan menggodanya, nih, B’timers. Kuliner satu ini adalah hidangan khas yang hanya disajikan untuk raja. Wah, tentunya sudah dapat dibayangkan seperti apa kelezatan yang ditawarkan oleh makanan khas satu ini, ya? Jika di Jepang ada Sushi, maka Indonesia punya olahan ikan mentah yang tak kalah menggugah selera. Ya, Dengke Mas na Niura ini adalah kuliner yang terbuat dari ikan mentah dan disajikan dengan bumbu.

Baca juga : WOW! BETAPA MENGGODA NIAN MAKANAN KHAS BALI INI!

Makanan khas Medan yang tentu sudah tidak diragukan lagi kemampuannya untuk mendatangkan rasa rindu yang menggebu adalah Bika Ambon, B’timers. Meskipun kita bisa dengan mudah menjumpai Bika Ambon di luar daerah Sumatera Utara, namun rasa dan tekstur Bika Ambon yang diolah di Medan jauh lebih penuh dengan cita rasa, lho. Bika Ambon original dengan rasa pandan memang tak bisa dilupakan meskipun banyak variasi modern dari Bika Ambon yang ada.

Obati Rasa Rindu Bersama Makanan Khas Medan Ini! | Breaktime
Uniknya kue Pohulpohul ini, ya, B’timers? Photo by google.com

Cita rasa manis dari makanan asal Medan yang bisa bikin rasa rindu membuncah yaitu Kue Pohulpohul, B’timers. Di daerah asalnya sana, kue satu ini lebih dikenal dengan nama Itak Pohulpohul. Bentuk yang unik membuat makanan manis ini lekat di dalam ingatan. Seperti arti kata Pohulpohul yang berarti satu kepalan, kue ini memang dicetak dengan cara tradisional. Terbuat dari bahan sederhana, yaitu tepung beras, tepung ketan, gula merah, gula pasir, vanili, garam, daun pandan dan air, membuatnya unik.

Baca juga : JANGAN NGILER, LHO! INI MAKANAN ENAK DI BANDUNG!

Sambal Tuktuk adalah makanan selanjutnya yang berasal dari Medan yang wajib untuk Anda cicipi, lho, B’timers. Merupakan makanan khas masyarakat Batak Toba, sambal yang satu ini memiliki rasa yang tak kalah istimewanya, lho. Rahasianya terletak pada andaliman, yang merupakan bumbu masak yang sering dijumpai di Sumatera Utara. Andaliman atau mudahnya adalah merica Batak memang tak sepedas lada atau cabai, namun aromanya sangat khas membuat Sambal Tuktuk semakin menggoda.

Kodok Goreng dari Chinatown Medan adalah makanan selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan, lho, B’timers. Rasanya yang gurih dengan tekstur garing membuat kuliner yang satu ini digemari oleh banyak orang. Namun jangan berani mencobanya jika Anda tidak terbiasa mengonsumsi makanan ekstrim jika Anda tidak ingin mual bahkan muntah, ya? Itulah beberapa makanan khas Medan yang harus Anda cicip tanpa ada alasan apapun, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE