Negeri Sembilan, Surga Kuliner yang Sering Terlupakan
Negeri Sembilan, Surga Kuliner yang Sering Terlupakan
01.09.2015

Negeri Sembilan terletak 50 km atau sekitar 45 menit dari Kuala Lumpur. Berpusat di Seremban, Negeri Sembilan banyak dipengaruhi oleh budaya suku Minangkabau, Sumatra, yang bermigrasi ke Negeri Sembilan. Pengaruh Minangkabau ini tak hanya tampak pada kehidupan sosial, namun juga aneka kulinernya. Ciri khas dari makanan di daerah ini adalah adanya bahan chili padi yang memiliki rasa super pedas

B’timers penasaran makanan apa saja yang bisa dinikmati di Negeri Sembilan? Ikut Breaktime, yuk!

Siew pow

Bagi penikmat makanan ringan, siew pow adalah salah satu jajanan yang wajib dicoba. Camilan ini mirip dengan bakpia asal Jogja, namun memiliki kulit yang krispi dengan isian daging babi atau ayam.

Curry laksa

Secara penampilan, curry laksa mirip dengan tahu campur yang ada di Indonesia. Namun, kuahnya yang berbahan dasar santan dengan sambal khas Negeri Sembilan, akan menyajikan cita rasa yang berbeda.

Negeri Sembilan, Surga Kuliner yang Sering Terlupakan
Masakan Negeri Sembilan mirip masakan Indonesia

Masak Lemak Cili Api

Jika diterjemahkan, Masak Lemak Cili Api memiliki arti ‘dimasak dengan santan dan cabai’. Makanan ini adalah salah satu masakan khas Minang yang juga menjadi favorit di Negeri Sembilan. Penampakannya mirip opor khas Indonesia, tapi untuk membuat Lemak Cili Api, digunakan lebih banyak bahan seperti ayam, seafood, jamur, telur, ikan, atau bahkan sayuran. Rasanya pun lebih pedas jika dibandingkan dengan opor.

Baca juga: 4 KULINER EKSTREM ASLI INDONESIA YANG BIKIN BERGIDIK

Rendang

Rendang dikenal sebagai makanan Indonesia paling enak di dunia. Di Negeri Sembilan, Rendang dimasak tidak dengan rempah-rempah, tapi dengan bumbu beraroma seperti jahe, lengkuas, serai, dan kelapa. Jika di Indonesia Anda mengenal rendang daging sapi, di Negeri Sembilan Anda bisa mencoba rendang pakis atau rendang tunas tanaman.

Negeri Sembilan, Surga Kuliner yang Sering Terlupakan
Salai sering digunakan sebagai bahan dasar rendang

Salai

Salai adalah bahasa Negeri Sembilan yang berarti mengasapi. Masyarakat Negeri Sembilan menyukai makanan yang diasapi. Dipinggir-pinggir jalan, Anda bisa menemukan banyak masakan asap dari daging ayam, bebek, sapi, atau ikan.

Aneka mie

Di Negeri Sembilan, B’timers bisa menemukan aneka masakan berbahan dasar mie yang dipengaruhi budaya Tiongkok. Salah satunya adalah Hakka Mee yang berbahan dasar mie pipih lebar dengan topping daging ayam atau sapi. Selain itu, ada Wantan Mee yang mirip dengan bakmie asal Indonesia dan beef noodles, mie buatan tangan yang disiram dengan saus daging sapi.

Cicipi makanan enak di Negeri Sembilan ini satu-satu ya, B’timers!

Share This Article