Nasi Uduk, Makanan Murah dengan Rasa Mewah | Breaktime
Nasi Uduk, Makanan Murah dengan Rasa Mewah
21.04.2016

Hmmm, pagi-pagi selain minum kopi hitam enaknya sarapan apa, ya? Nasi uduk sepertinya boleh juga! Nasinya yang gurih dengan lauk pauk bermacam-macam dan juga pelengkap yang tak kalah menggugah selara. Menjelang akhir bulan begini, memang paling aman beli makanan yang murah-murah saja namun rasa tetap megah, seperti nasi uduk murah. Kedai atau warung nasi uduk pun jadi tempat favorit saat dompet dan ATM mulai kurus. Tapi, B’timers sudah tahu asal-usul nasi uduk apa belum, ya?

Sudah ada sejak ratusan tahun

Nasi uduk sudah dikenal sejak dahulu kala secara luas oleh masyarakat Indonesia. Kehadiran nasi uduk di Indonesia sudah ratusan tahun lamanya yang diperkirakan ada sejak abad ke-14 hingga ke-16 silam. Nasi uduk merupakan salah satu makanan asli dari Tanah Melayu. Orang Melayu tersebar di Indonesia tepatnya wilayah Sumatera dan Negeri Jiran, Malaysia.

Konon katanya, meski disebut datang dari Melayu, kata “uduk” diambil dari bahasa Sunda yang artinya bersatu atau tercampur. Mungkin disebabkan karena nasi uduk dimakan dengan berbagai hidangan pendamping serta macam-macam lauk pauk seperti telur dadar, jeroan goreng, abon, serundeng, sambal, kering tempe, ayam goreng, tahu goreng dan lain-lain.

Nasi Uduk, Makanan Murah dengan Rasa Mewah | Breaktime
Lauk pauk nasi uduk

Di samping itu, ada juga yang mengatakan bahwa kata “uduk” berarti “susah”. Asumsi tersebut muncul karena alasan utama nasi uduk sering dikonsumsi oleh rakyat kecil saat perekonomian Indonesia masih teramat sangat susah. Di sisi lain, nasi uduk murah memang dijual secara “Kaki Lima” menggunakan gerobak dorong dan hanya terdapat di pasar tradisional saja.

Nasi uduk dan nasi lemak Malaysia

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, nasi uduk merupakan makanan asli Melayu. Di Malaysia, nasi uduk disebut nasi lemak. Secara keseluruhan nasi lemak tidak jauh beda dengan nasi uduk, yang merupakan nasi putih ditanak dengan berbagai rempah dan santan kelapa. Mungkin yang sedikit membedakan adalah lauk pauk dan makanan pendamping.

Nasi Uduk, Makanan Murah dengan Rasa Mewah | Breaktime
Nasi lemak Malaysia

Terlepas dari asal-usul nasi uduk dan “saudara”nya di negara tetangga, nasi uduk tetaplah makanan yang juara di lidah. Ditambah lagi dengan harga  murah yang tentunya sangat membantu Anda saat sedang bokek. Well, sepertinya tak berlebihan jika menyebut nasi uduk sebagai makanan murah bercitarasa megah.

Nah, seperti lezatnya nasi uduk murah tadi, kalau Anda memiliki resep unik, asli dan khas yang menjadi menu andalan di rumah atau keluarga Anda, tidak ada salahnya B’timers menguji keahlian dengan mengikuti #BTindChallenge. Lewat Breaktime Challenge, tunjukkan kepada dunia bahwa Anda layak menjadi #SmartKoki. B’timers dapat mengunjungi Facebook Page Breaktime (https://www.facebook.com/BreaktimeInd/) untuk info lebih lanjut. Tunggu apa lagi? Join dan menangkan hadiahnya! (nap)

Share This Article