Nasi Kentut Medan, Sajian Unik Asli Nusantara | Breaktime
Nasi Kentut Medan, Sajian Unik Asli Nusantara
14.04.2016

Mungkin memang agak geli hanya dengan mendengar namanya saja. Well, kata “kentut” yang ada di belakang “nasi” membuat sebagian besar orang yang belum tahu jadi berpikiran negatif. Mungkinkah nasinya bisa kentut? Atau nasi tersebut berbau kentut? Salah besar, B’timers! Meski memiliki nama yang nggak banget, namun nyatanya nasi kentut ini adalah menu favorit dengan cita rasa juara di Medan sana.

Kenapa namanya nasi kentut?

Kenapa namanya nasi kentut? Ini adalah pertanyaan yang teramat sangat umum terlintas di kepala banyak orang. Nasi kentut khas Medan ini sebenarnya adalah nasi bungkus layaknya yang ada di sekitar Anda, B’timers. Hanya saja, nasi gurih kaya rempah ini dibungkus dengan daun pisang yang di dalamnya dicampur dengan daun yang sering disebut sebagai daun kentut. Ada juga yang membungkusnya langsung dengan daun kentut tersebut.

Nasi Kentut Medan, Sajian Unik Asli Nusantara | Breaktime
Disajikan dengan berbagai lauk pauk

Seperti yang telah dijelaskan di atas, menu yang selalu ada di rumah makan Medan ini pada umumnya sama seperti nasi bungkus pada umumnya. Nasi kentut disajikan dengan berbagai macam makanan pendamping dan lauk pauk seperti ayam goreng, pepes ikan, tahu dan tempe goreng dan lain-lain. Rasa nasi kentut semakin nikmat dengan berbagai rempah-rempah sebagai bumbu dan tentu saja karena si daun kentut tersebut.

Daun kentut yang bermanfaat

Daun kentut atau yang juga disebut sebagai daun sembukan adalah sejenis tanaman obat-obatan merambat. Kendati sering disebut sebagai tanaman liar, namun daun memiliki aroma khas ini malah sangat baik untuk kesehatan. Tak hanya diolah untuk sajian nasi kentut khas medan, di Tanah Jawa daun kentut justru diolah sebagai menu utama dalam bothok sembukan.

Nasi Kentut Medan, Sajian Unik Asli Nusantara | Breaktime
Daun kentut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

Daun kentut atau daun sembukan ini sudah teruji secara medis dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti perut kembung, pencernaan yang kurang lancar, maag hingga herpes. Selain itu juga bisa dimasak hingga menjadi makanan yang luar biasa enak. Jadi, siapa yang peduli dengan namanya jika ia berkhasiat tinggi dan rasanya nikmat sekali?

Nah, kalau Anda memiliki resep unik, asli dan khas yang menjadi menu andalan di rumah atau keluarga Anda, tidak ada salahnya B’timers menguji keahlian dengan mengikuti #BTindChallenge. Lewat Breaktime Challenge, tunjukkan kepada dunia bahwa Anda layak menjadi #SmartKoki. B’timers dapat mengunjungi Facebook Page Breaktime (https://www.facebook.com/BreaktimeInd/) untuk info lebih lanjut. Tunggu apa lagi? Join dan menangkan hadiahnya! (nap)

Share This Article